oleh

Komang Darmawan Ingin Hilangkan Stigma Golf Olahraga Mahal

INBISNIS.ID, DENPASAR – Berbagai sport tourism di provinsi Bali memang menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berkunjung. Salah satunya adalah golf.

Bali sendiri memiliki lima lapangan golf yang menjadi tujuan destinasi favorit. Bukan hanya dilengkapi berbagai lapangan golf yang menarik, Bali juga dikenal memiliki atlet-atlet golf, khususnya di sektor junior dengan segudang prestasi.

Prestasi golf junior di Bali tak luput dari peran tangan dingin seorang Komang Darmawan. Mengawali karir di dunia golf sebagai Caddy, kini Komang Darmawan menjadi salah satu pencetak atlet-atlet golf junior berprestasi di Bali.

Diwawancarai inBISNIS, Komang berbagi kisah perjalanannya hingga bisa seperti sekarang, ternyata bukan hal mudah bagi Komang Darmawan untuk menekuni karir di dunia golf.

“Awal mula kenal golf, saat saya masih SD. Karena kebetulan rumah saya dekat dengan lapangan golf. Tahun 1997 saya ke Jakarta dan berkarir di salah satu lapangan golf di Kemayoran selama 8 tahun sebagai Caddy. Lalu tahun 2000, saya ikuti seleksi pro dari 34 orang yang ikut, 9 orang yang lulus, nah, dari situ saya mulai sering ikutin kejuaraan,” papar Komang kepada inBISNIS (20/2) saat ditemui di kawasan Sanur, Denpasar.

Komang yang kini bekerja untuk Bali Beach Golf Club selama 16 tahun, mejelaskan bahwa di tahun 2020 ini, dirinya diberi kepercayaan menjadi wakil pembina mendampingi Jurry di Persatuan Golf Indonesia (PGI) Bali.

“Saya membantu untuk mengorganize golf junior setiap ada turnamen bulanan. Dulu belum mengurus, hanya membantu aja, dan tahun ini baru jadi pengurus,” terang Komang.

Komang Darmawan ingin mematahkan stigma bahwa, golf yang begitu identik dengan olahraga mahal dan hanya dapat dijangkau kalangan elit, ternyata juga bisa dimainkan kalangan menengah. Komang mengungkapkan jika olharaga golf ditekuni dengan serius, maka bisa menjadi prospek yang bagus di masa depan.

“Sekarang itu golf identik mahal, kalo mau belajar bisa, jika belum memiliki bola kita bisa sewa, tidak akan dikenakan biaya utuk belajar swing di sini (Bali Beach Golf Club),”

“Dari Bali kita support junior, makanya di tempat lain bagi yang tidak mampu, kami sediakan fasilitas tanpa membayar, yang penting merawat dan menjaga. Itu untuk menghilangkan stigma golf itu olahraga mahal,” tandas Komang.

Komang berharap, Ia ingin terus mencetak atlet-atlet golf junior yang berprestasi di kancah internasional. Komang ingin nama Bali menjadi lebih bersinar lewat olahraga golf.

“Sebagai pengurus, saya ingin cetak atlet junior seperti dulu, itu semua atlet junior Bali diperhitungkan. Saya sebagai pelatih kalo bisa lebih dari yang kemarin, karena dari sekarang aja ada 5 orang, dan selalu dapat juara satu, dua tiga. Harapan saya kedepan ingin membuat nama Bali bagus dalam sektor olahraga golf, membuat turnmen, melatih anak anak lebih serius,” tandas Komang.

(Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.