oleh

Gunakan Pupuk Alami, Petani Padi Blitar Panen Raya

INBISNIS.ID, BLITAR– Salah satu Gabungan Kelompok Tani di Kabupaten Blitar tepatnya di Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, telah sukses menanam komoditas padi Inbrida dengan teknologi budidaya aplikasi nutrisi organik Biosaka.

Penggunaan nutrisi organik Biosaka dapat mengurangi ketergantungan petani terhadap penggunaan pupuk kimia (pupuk bersubsidi), karena saat ini ketersediaan pupuk bersubsidi bagi petani sangat terbatas dan harga pupuk non subsidi sangat mahal.

Selain itu, pengaplikasiannya ramah lingkungan karena dibuat dari bahan organik dan bisa menghasilkan produksi beras yang sehat dan tidak banyak akumulasi zat-zat kimia.

Pengurus Gapoktan, Sumarsono mengatakan, lahan percobaan (demplot) padi yang dipanen ini menggunakan pupuk nutrisi alami Biosaka, berbahan baku tanaman rumput yang ada di sekitar.

“Hasil teknologi inovasi pupuk nutrisi alami ini sudah teruji di sejumlah daerah. Selain biaya lebih ringan hasilnya lebih banyak dibanding menggunakan pupuk kimia,” kata Sumarsono, Minggu (10/4/2022).

Kelebihan dari penggunaan pupuk nutrisi alami Biosaka, selain biaya murah dibanding pupuk kimia. Dimana estimasi per hektar dengan pupuk nutrisi alami Biosaka sebesar Rp200.000, bisa menghasilkan panen sekitar 9 ton.

“Butiran padi lebih banyak, berbobot, berisi, batang lebih kuat dan tahan terhadap serangan hama penyakit tanpa menggunakan pestisida.” tambahnya.

Diungkapkan Sumarsono saat ini ada 5 hektar lahan pertanian organik milik anggota, yang ditanami padi menggunakan pupuk nitrisi alami Biosaka dan belum di panen.

(Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.