oleh

Fenomena Bisnis Hewan Qurban Menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah

INBISNIS.ID, DEPOK – Menjelang hari raya Idul Adha 1443 Hijriyah yang jatuh pada 9-10 Juli mendatang, Bisnis Musiman para pedagang hewan Kurban seperti Sapi dan kambing mulai marak di berbagai wilayah di Kota Depok ini. Salah satunya adalah Lukman Bima (45) seorang lelaki berasal dari Bima Nusa Tenggara Barat bersama 6 orang Karyawan nya telah membuka Bisnis Musiman penjualan Hewan Qurban  yang berlokasi di Jalan Limo Raya atau di samping Kantor Kecamatan Limo Kota Depok, Kamis (23/06).

Lelaki paruh baya yang bekerja di Perusahaan Swasta di Jakarta Selatan yang bertugas sebagai koordinator Security ini sejak tahun 2013 telah menjalani bisnis musiman penjualan hewan Qurban Sapi dan kambing atas kepercayaan seorang Vonder yang tinggal di Jakarta Timur kepadanya untuk mengelola bisnis musiman ini.

Saat Awak Media INBISNIS.ID menyambangi kandang sapi bisnis musiman ini terlihat Lukman Bima sedang sibuk memberi minuman untuk sapi-sapi peliharaannya.

“Bisnis Musiman ini telah saya jalani sejak dari tahun 2013, bersyukur saya diberi kepercayaan oleh vonder untuk mengelola bisnis penjualan Hewan Qurban ini. Alhamdulillah saya mendapatkan penghasilan dari Bisnis musiman ini sangat berkah untuk keluarga saya.  Istri saya membantu usaha bisnis ini dengan menyediakan makanan untuk ke 6(enam) Karyawan saya yang semuanya adalah saudara saudara yang saya datangkan  dari Bima langsung,” papar Lukman Bima.

“Saya buka kandang sapi di Limo raya ini sejak awal bulan juni, tahun lalu saya di daerah Meruyung tapi karena tempatnya sudah ada bangunan maka saya pindah kesini. Sapi sapi yang saya jual jenis Sapi Bima Kupang Bali yang satu ras, harga berkisar antara 19-25 juta per ekor dilihat dari berat sapi dan postur badannya. Awal mulai usaha ini sapi baru 14 ekor namun sekarang sudah berjumlah 90 ekor dan sudah beberapa ekor yang dipesan oleh konsumen, saat konsumen sudah deal harga dari biaya perawatannya dan ongkos kirimnya ditanggung disini sampai jelang perayaan hari raya Idul Adha,” terang ayah dua anak ini.

Saat di Lokasi belum nampak hewan Qurban kambing karena Kandangnya pun baru dibuat oleh para karyawan Lukman Bima.

Sapi Ras Bima Kupang Bali ini memiliki ciri ciri Warna kulit dan bulu yang mirip dengan hewan kerbau.

Saat ditanya tentang darimana sumber air didapatkan, Lukman dengan ramah menjawab, “Sebelum sapi sapi masuk ke kandang di sini, kami telah melakukan pengeboran air terlebih dahulu sehingga segala kebutuhan air dapat teratasi dengan baik di tempat ini. Kebetulan sanitasi sudah ada yang telah dibangun oleh para pedagang UMKM di sebelah lokasi kandang sapi sehingga kami tinggal numpang untuk mempergunakanya,” lanjut koordinator security ini.

“Kalau makanan sapi sendiri kita kasih hanya jerami kering setiap pagi siang sore, dan jerami kering tersebut kita ambil dari para petani di wilayah Jonggol dan Leuwiliang saat mereka panen padi. Diambilnya setiap hari dua mobil Pick Up karena makanan Sapi sapi setiap harinya menghabiskan sebanyak 2 mobil pick up. Para petani sendiri disana tidak mematok harga dan  karyawan kami yang mengambil ke lokasi sebanyak 2 mobil pick up dan kami tetap memberikan uang secara kebijaksanaan kepada para petani di sana,” ujar lelaki paruh baya asal Bima ini.

Pria yang tinggal di Daerah Srengseng Sawah Jakarta selatan ini menutup uraiannya dengan menuturkan, Bisnis Penjualan hewan Qurban ini berakhir 3 hari setelah hari raya Idul Adha, dan untuk sapi sapi sisa akan kami kembalikan ke para Jagal untuk didistribusikan ke pasar pasar.

“Terimakasih kami sampaikan kepada Vonder kami yang telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk mengelola Bisnis Musiman ini yang sudah berjalan selama 9 tahun semoga saya terus amanah dan menjadi keberkahan untuk semuanya,” tutup Lukman Bima dengan senyum sumringah.

(Redaksi)

Well, Silahkan tulis pendapatnya di kolom komentar ya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.