oleh

Budidaya Ikan Koi, Potensi Usaha di Blitar

INBISNIS.ID, BLITAR – Sejak tahun 1990-an Kabupaten Blitar, Jawa Timur juga dikenal sebagai lumbung ikan Koi. Ikan hias yang dikenal dengan kecantikannya itu sudah lama dibudidayakan oleh masyarakat Blitar, khususnya di daerah Nglegok dan sekitarnya. Bahkan, ikan Koi hasil budidaya di wilayah itu sudah dipatenkan.

Sebagian masyarakat menjadikan budidaya Ikan Koi sebagai mata pencaharian. Terlebih, sejak tahun 1990 budidaya Ikan Koi di Blitar sudah dicanangkan dan sudah terdaftar di Kementerian Kelautan Perikanan Rl sebagai kawasan Minapolitan Ikan Koi, serta menjadi satu-satunya di Indonesia.

Jika sebelumnya Minapolitan dipusatkan di Desa Penataran dan Desa Kemloko Kecamatan Nglegok, sekarang sudah merambah ke desa-desa lain. Bahkan, jumlah pembudidaya juga terus mengalami peningkatan.

Budi pemuda asal Kota Blitar yang kini menekuni usaha budidaya ikan Koi mengatakan bahwa potensi ikan Koi cukup tinggi. Peminat ikan Koi rata-rata dari kalangan penghobi. Ini yang membuat budidaya ikan Koi cukup menggairahkan di Blitar.

“Konsumen kebanyakan dari kalangan penghobi ikan, yang ditonjolkan keindahan corak Koi. Semakin baik harganya juga ikut baik,” katanya kepada INBISNIS.ID, Senin (25/4/2022).

Lebih lanjut ia menjelaskan, budidaya ikan Koi mulanya dalam satu kolam besar kemudian diadakan seleksi sesuai pencorakan warna. Selesai itu, hasil seleksi dipindahkan ke kolam khusus yang nantinya langsung dipasarkan.

“Diseleksi mana yang baik terus dipasarkan melalui media sosial, kalau harga cocok sesuai corak ya dijual,” tambahnya.

Sekarang kebanyakan pembudidaya ikan Koi dalam memasarkan sudah menggunakan media sosial. Tidak heran jika pengiriman bisa dilakukan hingga ke luar Jawa bahkan ke manca Negara.

Sebagai informasi, ikan Koi melambangkan banyak kebajikan. Hewan omnivora ini diakui sebagai simbol ketekunan, daya tahan, serta kekuatan individualisme. Selain itu, Ikan Koi bisa membentuk susunan warna yang berbeda dan unik. Bahkan, para pecinta Ikan Koi mengenal konotasi untuk masing-masing warna itu.

Kemudian, Ikan Koi dikenal memiliki arti kekayaan dan kemakmuran. Koi metalik melambangkan kesuksesan dalam bisnis. Asagi Koi biru, merah dan abu-abu merupakan lambang positif. Sementara, Koi Hitam adalah simbol patriarki.

(Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.