oleh

Ajang Adu Rasa Racikan Kopi

INBISNIS.ID, JAKARTA – Barista innovation challenge (BIC) merupakan salah satu event kopi terbesar di kalangan penggiat dunia beverage, yaitu kopi dan juga mixology.

Barista Innovation Challenge (BIC) yang mengangkat tema “Tale of  Innovation” ini hadir untuk menemukan bakat terbaik berinovasi dalam meracik kopi, serta ajang bagi barista dalam berkreasi dengan biji kopi lokal (Indonesia), agar biji kopi lokal semakin banyak dikenal.

Event ini bisa diikuti seluruh peserta dari Sabang sampai Merauke, baik dari kalangan Barista, Mixologist juga Bartender dan para pecinta kopi lainnya.

Event pertama pernah dilaksanakan pada tahun 2020, dan saat ini BIC 2021 event ke-2 masih membuka tahap pendaftaran.

Road show barista Innovation challenge juga diselenggarakan di beberapa kota-kota besar di Indonesia. Acara ini berkolaborasi dengan Rasa Group, serta bekerja sama dengan Dripp Flavour, Bezzera, Otten, serta didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dripp Flavour yang merupakan produk brand lokal Indonesia, menjual berbagai perasa minuman dalam berbentuk sirup dengan varian rasa yang cukup banyak dengan harga terjangkau.

Saya berkesempatan menghadiri acara BIC Roadshow di Jakarta yang berlokasi di Kantorkku Co-working Space Citywalk Sudirman.

Acara ini adalah event roadshow yang  ke-5, dimana sangat bermanfaat sekali untuk menambah wawasan, ide membuat minuman juga teknik-teknik yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah minuman.

Dalam praktikan demo, turut hadir beberapa para juara yang ahli dalam bidangnya, seperti Trisna Albona yang merupakan Top female bartender dan Mixologist, dan pernah berkompetisi di kancah internasional (Brand Manager Rasa Grup), Ryan Wibawa juara Indonesia brewer Cup 2016, 2018, 2019, Kiki Moka Bartender dan Mixologist International (Head Bar Union Grup), serta Shayla Philipa  pemenang BIC 2020.

Dalam setiap BIC roadshow, demo membuat minuman dengan resep yang berbeda-beda di setiap kota.

Beberapa nama di antara minuman yang dibuat adalah Coffee Club, Osmanthus Coffee Mist dan The God Shot (Cocktail Coffee).

Semua minuman berbahan dasar kopi yaitu espresso dicampur dengan berbagai varian rasa syrup dari Dripp Flavour.

Minuman yang dibuat ada teknik dan metode yang berbeda-beda seperti di-shake (dengan shaker), metode stir dan layering (lapisan), juga metode throwing (seperti pembuatan teh tarik) untuk The God Shot sendiri berbeda dari minuman yang lainya, karena dicampur dengan alkohol dengan teknik mix and shake, sementara minuman yang lain tidak dicampur dengan alkohol juga sering disebut dengan mocktail.

Sedikit bocoran untuk Coffee Club bahan-bahanyanya adalah mix berry fruit, coconut water, dan juga soda water, teknik metodenya layering, dengan tambahan top up Butterscotch foam ( busa) di atasnya disajikan di gelas bening berukuran sekitar 7-8 oz.

Untuk pembuatan foam (busa) menggunakan frother milk electric yang bisa kita dapatkan di marketplace.

Melihat teknik-teknik yang disajikan sangat menambah referensi untuk mencoba teknik-teknik yang mungkin sebagian belum pernah mencoba.

Selain sharing Inovasi/Ide dalam membuat minuman, terdapat juga beberapa info-info menarik seperti tentang seputar coffee, tentang kriteria penilaian dalam mengikuti sebuah kompetisi yang tentunya sangat bermanfaat bagi yang ingin menjadi peserta sebuah kompetisi barista dan kopi.

Event ini gratis kita cukup mendaftar pada link bio di social media Barista Innovation Challenge dan pada saat acara peserta mendapatkan free bundling sample beberapa syrup untuk bisa mencoba bereksperimen sendiri di rumah dalam membuat minuman.

Saat ini BIC 2021 masih membuka pendaftaran. Bagi peserta yang ingin mengikuti kompetisi BIC bisa mendaftar di link website baristainovationchallenge.com. Setelah itu akan dilanjutkan tahap kualifikasi melalui virtual, para peserta BIC yang sudah mendaftar membuat sebuah video yang menarik dalam meracik minuman untuk ketentuan kriteria tahap kualifikasi bisa dicek langsung melalui social media Ig @baristainovationchallenge.

(Christin Natalina/SBN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *