oleh

Sinergi Bersama BMPD dan FKIJK Tingkatkan Ekonomi Papua

INBISNIS.ID, JAYAPURA – Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Papua, Juli Budi Winantya, mengungkapkan, sinergi serta kolaborasi antara Bank Indonesia dengan OJK, serta industri jasa keuangan di Provinsi Papua berlangsung dengan sangat baik.

“Salah satu indikator utamanya adalah terus meningkatnya kinerja ekonomi terutama di Provinsi Papua,” ungkap Juli di Jayapura, Jumat malam (13/5).

Hal itu dibuktikan dengan pertumbuhan ekonomi Papua pada triwulan I – 22 mencapai 13,3%, jauh di atas pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,01%, dan konsumsi rumah tangga juga tumbuh tinggi hingga 5,71%.

“Hal ini menunjukkan kegiatan ekonomi masyarakat yang semakin baik dan tentunya tidak lepas dari dukungan sinergi kita bersama,” ujar Budi.

Untuk itu, lanjutnya, Bank Indonesia terus mendorong aktivitas ekonomi melalui peningkatan sinergi antar stakeholders, terutama percepatan dan peningkatan digitalisasi keuangan yang diharapkan berdampak positif bagi masyarakat dan perekonomian Papua.

Sementara itu, pejabat lama Kepala OJK Provinsi Papua dan Papua Barat, Adolf Fictor Tunggul Simanjuntak menyatakan, bahwa salah satu Concern BI dan OJK adalah terkait likuiditas.

“Hal tersebut, tidak terlepas dari pentingnya likuiditas keuangan di daerah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, termasuk dalam hal ini pengendalian inflasi di daerah,” ujarnya.

Adolf yang jabatannya sebagai Kepala OJK Papua dan Papua Barat resmi digantikan oleh Muh. Ikhsan Hutahaean pada 11 Mei 2022 kemarin, menyatakan bahwa selama bertugas di Papua,  OJK memandang, Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Papua telah melaksanakan perannya secara optimal dalam pengaturan likuiditas serta pengendalian inflasi di Provinsi Papua.

(Redaksi)

Well, Silahkan tulis pendapatnya di kolom komentar ya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.