oleh

Peduli Sampah Plastik

INBISNIS.ID, JAWA TENGAH –  Keprihatinan kondisi laut dan lingkungan biotanya dihiasi sampah plastik, menggugah hati Mr. Gentiel untuk mengeksekusi  laut lepas dengan berenang 90 Km dari Kepulauan Karimunjawa sampai di pesisir Pantai Wisata Jepara Jawa Tengah.

Mr. Gentiel Gielen berasal dari Belgia. Lebih dari 20 Tahun tinggal di Indonesia. Kemudian  menikah dengan  Dra Farah Elfirajun AG. Srikandi, Kota Ukir Kab Jepara Jawa Tengah.

Mereka berdomisili di Desa Tegalsambi, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara Jawa Tengah. Keseharian Rara bersama suami mengelola Resto & Perhotelan  “OCEAN VIEW”.

Nama Ocean View cukup dikenal di telinga turis lokal maupun Mancanegara. Media melihat, banyak hilir mudik turis. Salah satunya turis asal Malaysia. Ia datang untuk berbisnis mebel ukir Jepara. Di sana Ia menginap di Hotel Ocean View. Ia mengakui bahawa Hotel Ocean View sangat nyaman ditempati dengan Rest Area taman wisata laut yang cukup menakjubkan.

Selain Bisnis Resto & Hotel dan mencakup pengembangan wisata bahari, mereka masih menyempatkan mengurus Organisasi Perempuan Jepara.

“Pada dasarnya wanita sudah alami mempunyai daya tahan lebih yang tak dimiliki Pria. Itu belum cukup, harus di expose kemampuan lainnya. Perempuan berpendidikan harus mampu berkarir, berkarya, ber- UMKM  atau jualan apa saja yang bisa laku dengan pola pemikiran beda beda. Poin inilah yang sangat penting dibangun. Membangun membangkitkan ekonomi kreatif, masing-masing sesuai bidangnya. Siap  menerima saran dan masukan,berlapang dada  jika ada kritikan , ika ingin berhasil,” imbuh  Rara.

Hari ini yang menjadi keprihatinan Saya dan Suami yaitu banyaknya sampah dikala musim hujan yang terbawa arus ke muara kemudian menyebar masuk ke laut. Yang paling memprihatinkan adalah sampah plastik. Diamati, semakin hari sampah plastik bukannya berkurang malah bertambah banyak.

“Ini keprihatinan bersama. Perlu penanganan butuh action. Masalahnya sampah plastik tak mudah terurai sekian puluh Tahun. Ini sangat mengganggu dan membahayakan keberlangsungan kehidupan biota laut,” tutur Rara

Hari ini Mr. Gentiel CS merespon mengajak, menggugah hati semua kalangan peduli sampah terutama sampah plastik dengan pesan” Buanglah sampah pada tempatnya”.

Bukan tanpa alasan hari ini Mr. Gentiel CS kampanye buang sampah pada tempatnya dengan aksi nekat yang sudah diperhitungkan resiko dan keselamatan nya. Action berenang 90 km dengan pola 5 km estafet – bergantian dengan perkiraan waktu yang dibutuhkan 50 jam. Start dari Pulau Karimun Jawa dengan agenda finish di Pesisir pantai wisata,  Desa Tegalsambi,  Kabupaten Jepara.

Mr. Gentiel bersyukur dengan usia yang tidak muda lagi masih punya fisik dan stamina masih kuat.

“Fisik kuat stamina mumpuni, berkat pola hidup sehat: rutin olahraga, istirahat cukup, satu lagiI, tidak merokok, dan ditunjang asupan makanan bergizi. Dan Istri saya Rara, luar biasa menyiapkan segalanya demi suksesnya event renang 90 kilometer ini, tuturnya

“Saat ini hanya satu impian. Kampanye anti sampah plastik, dengan aksi renang sejauh 90 kilometer sambil memungut sampah plastik yg mengapung di laut. Dengan harapan bisa menular dan dapat ditiru banyak orang, imbuh Mr.Gentiel Gielen.

Tibanya di bibir pantai Tegalsambi Jepara disambut meriah turut serta 30 perenang usia remaja dan anak menyambut mendampingi berenang sejauh 600 meter dari bibir pantai.

(Redaksi)

Well, Silahkan tulis pendapatnya di kolom komentar ya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.