oleh

Objek Wisata Labuan Bajo Paling Favorit (2)

-Bisnis, Wisata-911 views

INBISNIS.ID, LABUAN BAJO – Labuan Bajo telah muncul sebagai salah satu tujuan wisata terpopuler di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Letaknya yang strategis di tepi barat Pulau Flores sekaligus menjadi pintu gerbang ke Taman Nasional Komodo yang spektakuler.

Bahkan dengan ketenarannya, Labuan Bajo tetap menjadi kota nelayan, penduduk setempat ramah dan santai seperti di tempat lain di Indonesia. Kota pelabuhan yang mempesona ini terus ditingkatkan untuk menampung lebih banyak pelancong.

Selain titik awal untuk melihat satwa langka di Taman Nasional Komodo dan pesona penyelaman alam bawah laut kelas dunia, Labuan Bajo juga banyak memiliki destinasi lain yang tak kalah indahnya.

Baca juga :Speed RRI Bahari, Pilihan Tepat untuk Waktu Liburan yang Singkat

Bagi kalian yang belum pernah ke Labuan Bajo, berikut INBISNIS.ID kembali merangkum tempat-tempat yang wajib dikunjungi :

1. Taka Makassar
Taka Makassar adalah sebuah pulau pasir putih kecil tak berpenghuni yang indah muncul di tengah laut. Taka Makassar adalah salah satu destinasi di Labuan Bajo dianggap sangat unik, karena berupa pulau mungil, berisi gugusan pasir putih halus yang menawan. Bentuknya yang kecil dan melengkung mirip angka sembilan membuatnya semakin unik. Anda hanya bisa melihatnya jika kondisi air laut sedang surut. Anda bisa berenang dan menikmati laut yang jernih seperti kaca, serta berfoto. Bagi anda yang pemula dan atau tidak bisa berenang juga bisa menikmati berenang bersama di pulau ini karena air yang dangkal di sekitar pulau ini.

Kecantikan pulau Taka Makassar dengan airnya yang jernih bercorak hijau tosca yang bagus dipadu dengan biru langit yang terang jadi panorama alam bagus untuk memanjakan mata anda. Tidak hanya itu keelokan dasar lautnya yang luar biasa menjadi daya tarik sendiri.

2. Manta Point
MANTA POINT adalah Manta Point adalah salah satu spot snorkeling dan diving terbaik di Labuan Bajo. Spot ini menawarkan pengalaman snorkeling yang menakjubkan dengan pemandangan di bawah laut yang alami. Wisata bawah laut ini juga memungkinkan pengunjung bertemu satwa langka yang hanya ada di sini, yaitu ikan Pari Mantha. Selain bertemu dengan ikan Pari Mantha kamu juga akan bisa bertemu dengan koloni ubur-ubur yang tak kalah cantik. Jika kamu beruntung, siap-siap terkesima dengan kecantikan mereka dan anda bisa melakukan snorkeling berdekatan dengan ikan Pari Mantha tersebut dan berenang bersama dan berada disekitar kawanan ikan Pari Mantha tersebut.

Baca juga :Labuan Bajo Holiday, Jadikan Liburan Anda Lebih Berkesan

3. Pulau Siaba
PULAU SIABA adalah  Besar memiliki dua bagian yang sangat berbeda: dasar berpasir yang menyembunyikan banyak sekali biota laut makro dan salah satu taman karang yang paling mengesankan. Teluk yang indah di sisi barat laut Siaba Besar ini mungkin adalah salah satu tempat favorit para penyelam. Tempat ini juga cocok untuk snorkeling karena arus yang sangat sedikit. Penyelam dapat melihat sebagian besar spesies yang ditemukan di kawasan Komodo. Hampir dijamin bisa melihat penyu hijau di antara terumbu karang yang lebih dangkal. Itu salah satu tempat favorit kami di Taman Nasional Komodo

4. Pulau Sebayur
PULAU SEBAYUR merupakan salah satu lokasi penyelaman yang indah. Berada di sekitar Labuan Bajo. Sebuah terumbu karang yang memanjang ke arah Barat Daya dari pulau ini membentuk jurang menuju kedalaman 30 – 40 meter. Kita bisa menyelam menyusuri dinding ini ke arah Timur atau ke Barat bergantung pada arus. Ada beberapa tempat pengintaian yang terlindung oleh batu besar di mana Travellies raksasa, hiu karang titik putih juga ikan besar lainnya sering terlihat. Merupakan kesempatan sangat baik untuk mengambil dokumentasi photografi menggunakan lensa macro maupun wide angle meskipun arus cukup kuat di daerah ini.

Baca juga :Komodo Sport Fishing, Serunya Mancing dan Nikmati Indahnya Laut Flores

5. Gili Lawa
Gili Lawa adalah pulau yang terdiri dari bukit-bukit dan bagi anda yang ingin menyusurinya, anda harus fit dan menyiapkan stamina agar bisa mendaki. Waktu yang diperlukan untuk bisa sampai puncak sekitar 40 menit. Rute pendakiannya memang tidak sulit, akan tetapi tetap harus berhati-hati sebab ada beberapa spot yang sangat curam. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Gili Lawa adalah menjelang sore, sekitar pukul 3 sore. Selama dalam perjalanan mendaki, anda dapat beristirahat sambil mengambil foto pemandangan indah yang ada di sekitarnya.

6. Pulau Kanawa
Pulau Kanawa memiliki Luas 32 Hektar dengan jarak 10 km dari Labuan Bajo dan menjadi tempat wisata yang punya keunikannya sendiri.

Kenapa kita ke pulau Kanawa? Apa yang menarik dipulau ini?

Disini anda bisa sepuasnya melakukan berbagai kegiatan seperti berjemur di pantai, bermain pasir, berenang, snorkeling sepuasnya. Menikmati keindahan terumbu karang dan berbagai jenis ikan di bawah laut yang indah dan berwarna warni. Untuk menikmati dan menyimpan keindahannya anda disarankan untuk membawa kamera bawah air. Setelah snorkeling, perjalanan dilanjutkan kembali ke Labuan Bajo yang akan ditempuh selama 4 jam pelayaran.

7. Pulau Seraya
Pulau Seraya Kecil, atau yang lebih akrab dikenal dengan Pulau Seraya, merupakan salah satu obyek wisata bahari unggulan di Manggarai Barat. Kabupaten ini mempunyai 162 pulau dengan keindahan taman laut yang memukau, salah satunya Seraya.

Pulau ini juga menjadi salah satu obyek wisata favorit, terutama bagi wisatawan asing yang berkunjung ke Manggarai Barat. Umumnya, tujuan utama mereka melihat reptil purba, komodo (Varanus komodoensis), menyelam (diving), dan snorkeling. Kondisi di Seraya memang sangat cocok untuk snorkeling, memang ada sensasi tersendiri. Ketika laut surut, kita bahkan dapat berjalan ke tengah laut hingga radius sekitar 500 meter dari bibir pantai, tanpa khawatir tenggelam. Pasalnya, ketinggian permukaan air laut hanya setinggi paha orang dewasa. Yang menggemaskan pula, ikan-ikan laut dengan warna cantik tak berlarian untuk bersembunyi ketika manusia mendekat. Kita juga dapat menyaksikan terumbu karang dengan berbagai bentuk dan warna yang menarik.

Itulah tujuh informasi seputar objek wisata berlibur ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur dan berbagai aktivitas serunya. Semoga bisa jadi panduan berliburmu nanti, ya!

Kami sangat berharap setelah membaca artikel ini, Anda akan mendapatkan begitu banyak inspirasi dalam menjelajahi surga tersembunyi di Labuan Bajo.

(Redaksi)

Well, Silahkan tulis pendapatnya di kolom komentar ya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *