oleh

Memahami Pola Hidup Sehat dan Manfaatnya, Penting Bagi Tubuh!

-Nasional-459 views

INBISNIS.ID, BALI – Kita semua sadar bahwa kesehatan adalah aset pribadi yang tak bisa digantikan dengan apapun. Namun, kesadaran dalam menjaga kesehatan belum dimiliki semua orang. Menjaga gaya hidup tetap sehat memang membutuhkan komitmen kuat dan bukan sekedar filosofi semata.

Gaya hidup sehat akan mendukung semua fungsi tubuh dari sisi jasmani dan rohani sehingga menghasilkan kehidupan yang berkualitas dan bahagia. Kali ini kami akan membahas tentang cara hidup sehat sederhana yang sangat mudah diikuti.

Yang kamu butuhkan untuk bisa menerapkan pola hidup sehat sederhana ini adalah komitmen dan konsistensi. Yuk, coba!

Pengertian Hidup Sehat
Jadi apa sih sebenarnya pengertian hidup sehat? Dilansir dari qoala.app, Menurut Dokter Spesialis Gizi Cindiawaty Pudjiadi, pola hidup sehat tidak cukup hanya dengan makan, tidur dan olahraga saja. Sehat adalah kondisi yang terjadi ketika seseorang merasakan kebaikan dari fisik, mental, hingga spiritual. Sederhananya, gaya hidup sehat adalah upaya seseorang untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bahagia.

Manfaat Pola Hidup Sehat
Tanpa disadari, penerapan cara hidup sehat sederhana saat ini semakin jauh dari keseharian manusia. Bahkan WHO menekankan tentang pentingnya gaya hidup sehat yang telah menjadi faktor risiko kesehatan global yang utama. Ditambah lagi dengan kemajuan teknologi pangan, produksi makanan olahan semakin meningkat yang berimbas pada bergesernya budaya makan sehat menjadi makanan cepat saji yang berpotensi menurunkan kesehatan dan menimbulkan penyakit berbahaya. Kurangnya penerapan cara hidup sehat sederhana menyebabkan tubuh rentan terserang penyakit diabetes, jantung, dan kanker.

Oleh karena itu, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menerapkan cara hidup sehat sederhana seperti;

1. Memperpanjang Umur
Dengan menerapkan cara hidup sehat yang sederhana tentu saja stamina tubuh akan terjaga dan organ-organ tubuh tidak akan rentan terhadap penyakit. Hal ini berimbas pada kondisi tubuh jangka panjang yang akan membuat kamu jadi berumur panjang. Tubuh sehat akan menghasilkan hormone endorphin yang memicu kebahagiaan dan harapan hidup tinggi.

2. Produktivitas Meningkat
Kesehatan mental dan fisik yang terjaga akan bermanfaat pada produktivitas karena kamu punya energi positif untuk melakukan banyak hal. Tak ada waktu yang terbuang untuk mengembalikan daya tahan tubuh yang menurun dan tetap segar dengan tubuh yang sehat. Bayangkan hal ajaib saja yang bisa kamu lakukan dengan tubuh yang sehat dan mental yang bahagia.

3. Pikiran Positif
Tubuh yang sakit akan mempengaruhi cara berpikir. Tentu kamu bisa menemukan korelasi antara tubuh sehat dengan pikiran positif. Bahkan orang yang sakit membutuhkan pikiran positif dan optimis untuk bisa sehat kembali. Pikiran positif akan didapatkan dari tubuh yang bugar dan pola hidup sehat sederhana. Pikiran positif akan memberikan kamu kesempatan untuk memberdayakan potensi dan mengembangkan karirmu dengan baik.

4. Lebih Percaya Diri
Menerapkan cara hidup sehat sederhana serta menjaga kebersihan diri dapat mempengaruhi penampilan seseorang. Dengan penampilan yang bersih dan sehat, tentu kepercayaan dirinya akan meningkat. Wajah akan berseri dan bebas jerawat karena kamu mengonsumsi makanan sehat. Ditambah dengan alokasi waktu olahraga yang tepat, maka kamu akan mendapatkan tubuh ideal. Tentu saja dengan memiliki tubuh ideal akan semakin meningkatkan kepercayaan dirimu.

5. Wajah Lebih Bercahaya
Kesehatan wajah akan tercermin dari makanan yang dikonsumsi. Umumnya orang-orang yang menerapkan cara hidup sehat akan memiliki wajah yang bercahaya dan bahagia. Makanan sehat kaya gizi dan nutrisi akan membuat kulit wajah berseri dan tak berjerawat. Memenuhi asupan air setiap hari juga berpengaruh pada kesehatan kulit dan berimbas pada kulit wajah yang lebih segar.

Sebenarnya untuk mendapatkan kehidupan yang sehat dan berkualitas bisa dilakukan oleh siapa saja baik orang kaya maupun orang miskin sekalipun, mengingat untuk mendapatkannya tak dibutuhkan biaya yang besar bahkan gratis.

Meskipun untuk mendapatkan hidup sehat bisa kita raih dengan cara sederhana, mudah dan murah, pada kenyataannya masih banyak dari masyarakat kita di Indonesia yang enggan menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupannya.

Sudah saatnya bagi kita untuk merubah pola pikir yang seharusnya mengutamakan kebiasaan hidup sehat untuk kualitas kehidupan jangka pendek, menengah dan jangka panjang yang lebih baik, semoga kita semua bisa melakukannya dengan konsisten dan disiplin sehingga tercipta kehidupan masyarakat yang sehat dan berkualitas.

(Redaksi)

Well, Silahkan tulis pendapatnya di kolom komentar ya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *