oleh

Kapal Wisata Tenggelam di Perairan Labuan Bajo, 2 Orang Meninggal  

INBISNIS.ID, LABUAN BAJO – Kapal Wisata Tiana dengan berat 61 GT dan POB (Person On Board) sebanyak 24 orang ini, tenggelam di perairan Pulau Kambing, Kabupaten Manggarai Barat, pada Selasa (28/6/2022). Dimana Kapal Wisata dengan rute pelayaran dari Pelabuhan ASDP Labuan Bajo menuju Pulau Padar ini, diperkirakan tenggelam pada koordinat 08°37’28.50″ S-119°42’31.93″ E, dengan Radial 231.58° dan Jarak 12.62 NM dari Pos SAR Manggarai Barat.

Kepada INBISNIS.ID, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere, Lalu Wahyu Efendi, S.Sos.,M.M. mengatakan, pihaknya melalui Pos SAR Manggarai Barat, menerima informasi dari Bapak Irfan pada pukul 07.50 WITA, bahwa telah terjadi kecelakaan terhadap Kapal Wisata Tiana.

“Jadi kronologi yang kami dapatkan dari pelapor, bahwa pada pukul 05.30 Wita, Kapal Wisata Tiana berangkat dari Labuan Bajo menuju Pulau Padar. Saat tiba di perairan Pulau Kambing, kapal yang mengangkut 18 orang penumpang dan 6 ABK ini, diterpa cuaca buruk serta gelombang tinggi, sehingga kapal tersebut tenggelam,” jelasnya.

Namun, Lalu Wahyu menambahkan, atas kehendak Tuhan Yang Maha Esa, Kapal Wisata Andalucia pun kebetulan melintas di sekitaran Kapal Wisata Tiana yang tenggelam tersebut, sehingga dapat memberikan pertolongan terhadap 18 penumpang dan 6 orang ABK itu. Sementara 2 orang penumpang lainnya, masih dalam proses pencarian.

Setelah pihaknya kembali menerima informasi akan adanya penumpang yang hilang, diberangkatkan Tim SAR Rescue pada pukul 08.10 Wita, untuk melaksanakan Operasi SAR dan tiba di lokasi kejadian pada pukul 08.40 Wita. Kemudian pukul 09.00 Wita, Tim SAR Gabungan berhasil menemukan salah satu korban atas nama J. Widaningsi, seorang perempuan dalam kondisi meninggal dunia dan langsung dievakuasi menuju ke RSUD Komodo.

Selanjutnya pada pukul 10.00 Wita, usai dilakukan proses penyelaman oleh personel Basarnas Maumere (Pos SAR Manggarai Barat) dan Polair Labuan Bajo di sekitar lokasi kejadian, korban atas nama Anisa Firtiani pun kemudian ditemukan. Jenazah korban juga langsung dievakuasi menuju RSUD Komodo, Labuan Bajo menggunakan ambulance.

“Saya haturkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Tim SAR Gabungan, diantaranya Tim Rescue Pos SAR Manggarai Barat, Lanal Labuan Bajo, Polair Labuan Bajo, KPP Labuan Bajo dan Kru ABK Andalucia yang telah sigap dan cepat melakukan pertolongan kepada korban tenggelamnya Kapal Wisata Tiana. Serta pelaksanaan Operasi SAR berjalan dengan aman dan lancar, berkat koordinasi dan sinergi yang solid antar Tim SAR Gabungan,” ungkapnya.

(Redaksi)

Well, Silahkan tulis pendapatnya di kolom komentar ya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.