oleh

Dipaduoi, Beternak Kambing Ala Warga Solok Selatan

INBISNIS.ID, SOLOK SELATAN – Beternak kambing merupakan pekerjaan yang bisa mendatangkan keuntungan lebih jika ditekuni dan dijalani secara serius.

Seperti Supri, seorang pemilik peternakan kambing yang memiliki 20 ekor kambing baik indukan maupun anakan. Kambing yang ada disini yakni jenis kambing kampung dan Jawa Randu.

Kambing-kambing yang dipelihara Supri dirawat dengan cara dilepasliarkan begitu saja untuk digembala dan akan pulang pada sore hari.

Supri sang pemilik peternakan kambing ini, saat diwawancarai oleh tim INBISNIS.ID di Jorong Sumberjo pada Kamis petang (19/05/22) menyatakan, sudah memelihara kambing sejak 1,5 tahun yang lalu dengan cara “dipaduoi” yakni memelihara kambing milik orang lain tanpa modal lalu hasilnya nanti dibagi dua dengan sang pemilik kambing. 

“Kambing ini sudah saya peliharaan sejak 1,5 tahun yang lalu dengan cara” dipaduoi” yakni memelihara kambing milik orang lain tanpa modal dimana hasilnya nanti dibagi dua dengan sang pemilik kambing” kata Supri.

Sebelum menjadi peternak kambing, Supri tinggal di kebun teh huberta sebagai buruh petik teh, namun sekarang ini sudah tidak bekerja disana lagi dan lebih memilih menjadi kuli bangunan serta merawat kambing.

“Dulu saya pernah bekerja sebagai buruh kebun, namun sekarang sudah tidak lagi dan memilih bekerja disini sebagai kuli dan peternak kambing,” ujarnya.

Menurut Supri, pemberian pakan kambing sendiri, dalam satu hari ia menyediakan dua karung rumput untuk memenuhi kebutuhan 20 ekor kambing. 

Untuk pengelolaan kotoran kambing, Supri mengumpulkan kotoran kambing supaya dijadikan pupuk tanaman. 

(Redaksi)

Well, Silahkan tulis pendapatnya di kolom komentar ya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.