oleh

Hyperlocal Tokopedia Dorong Pendapatan UMKM Lokal

-Bisnis-282 views

INBISNIS.ID, JAKARTA – Sejak pertengahan tahun 2020 lalu, tokopedia meluncurkan inisiatif Hyperlocal demi membidik pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia.

Hingga saat ini, Hyperlocal disebut mendorong peningkatan transaksi UMKM lokal, salah satunya di wilayah Indonesia bagian tengah.

Misalnya, inisiatif tersebut telah mendorong peningkatan transaksi di Tokopedia selama Q2 2021 dibanding Q2 2020. Di Denpasar, kategori Fashion, Ibu dan Anak serta Fesyen Anak, Kesehatan dan Perawatan Diri, Makanan dan Minuman serta Kecantikan menjadi yang paling laris.

Sementara kategori Makanan dan Minuman, Fashion, Kesehatan dan Perawatan Diri, Otomotif serta Handphone dan Gadget merupakan kategori dengan pertumbuhan paling pesat di Makassar. Sedangkan di Balikpapan, kategori Fashion, Ibu dan Anak serta Fesyen Anak, Kesehatan dan Perawatan Diri, serta Makanan dan Minuman mengalami peningkatan penjualan signifikan.

“Demi mewujudkan misi besar pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia, Tokopedia telah menghadirkan inisiatif Hyperlocal sejak pertengahan 2020 lalu. Tujuannya, agar seluruh masyarakat punya kesempatan sama dalam menemukan berbagai produk kebutuhan dengan mudah hingga menciptakan peluang usaha, bahkan di tengah pandemi,” ujar Senior Lead Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Yanuar Rakhmad dalam keterangan tertulis, Kamis (12/8).

Lebih lanjut Yanuar mengungkapkan salah satu wujud inisiatif Hyperlocal Tokopedia adalah kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP).

Pemilik Mulia Beras, Andi Kasma, telah merasakan dampak positif setelah mengikuti kampanye KTP Makassar.

“Penjualan saya naik hingga 2x lipat dengan kenaikan omzet sebesar 40%,” ujar Andi.

Hal yang sama dialami pemilik Sambal Raja Roa, Imam Masyhuda, dari Balikpapan. Ia mengungkapkan omzet usahanya melonjak hingga 3x lipat setelah mengikuti program KTP di Tokopedia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *