oleh

Kiat UMKM Tembus Pasar Global

-Bisnis-449 views

INBISNIS.ID, JAKARTA – Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) selain menjajankan produknya di wilayah Indonesia juga membidik pasar internasional.

Proses menuju mancanegara kini dipermudah dengan tren digitalisasi yang memperkecil batasan jarak dan waktu sehingga pengiriman produk tidak menjadi halangan.

Salah satu pelaku UMKM yang mengikuti acara jumpa pers virtual ‘Kisah Sukses Kibarkan Bendera Merah Putih di Pasar Global’ yang diadakan Shopee menyampaikan kiatnya dalam merambah pasar global.

“Pastikan kita menyiapkan kualitas yang terbaik. Jadi ketika mau memutuskan bersaing di pasar global dengan pesaing brand- brand besar maka kualitas produk jadi hal penting nomor satu yang perlu diperhatikan. Perlu banyak review berkali-kali untuk memastikan kualitas yang disajikan benar- benar maksimal,” kata pemilik usaha dompet Wallts sekaligus pelaku UMKM asal Bandung Adzwin Perwira yang sudah menjajal kegiatan ekspor melalui platform daring.

Dengan pengulasan kualitas produk yang berulang kali dan memastikan produk yang disiapkan benar- benar memiliki kualitas tinggi, maka nantinya pelanggan mancanegara sangat mungkin menjadi pelanggan tetap dan kembali membeli produk dari usaha kita.

Selain dari sisi kualitas, hal yang harus diperhatikan adalah pengemasan atau akrab dikenal dengan sebutan packaging.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *