oleh

Ayo Berbisnis Kelor! Peluang Hasilkan Hingga Milyaran Per Tahun

-Bisnis-218 views

INBISNIS.ID, JATENG – Seorang pengusaha asal Blora, Jawa Tengah, bernama Ai Dudi Krisnadi sukses menjadi miliarder berkat berbisnis kelor.

Dudi mengaku mampu meraih omzet Rp 4 miliar per tahun dari bisnis tanaman yang memiliki nama latin Moringa Oleifera tersebut.

“Kemarin ya masih Rp 4 miliar per tahun. Karena kalau kami lebih banyak ke pembelajaran, ya karena jual sistem itu,” ucap Dudi di Puri Kelorina, Desa Ngawenombo, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora, dilansir Kompas.com,  Sabtu (4/9).

Pria asal Pangandaran, Jawa Barat, tersebut mengaku sudah melakukan riset tentang dunia kelor sejak sekitar 2011. Saat awal menjalani bisnis tersebut, dirinya mengaku banyak kendala yang dihadapi.

“Banyaklah, dianggap orang gila, diusir tokoh-tokoh karena bertentangan dengan ilmu-ilmu mereka, dikira mau memerangi ilmu magis mereka. Jadi pemerintah sendiri dulu jelas enggak peduli, kalau sekarang mah pemerintah sudah sangat support dengan kelor,” kata Dudi.

Menurut dia, kebutuhan pasokan kelor untuk mencukupi pasar global masih sangat terbuka lebar. Sejumlah negara Eropa, Timur Tengah, hingga Amerika sangat membutuhkan produk kelor.

“Banyak yang tidak percaya ke saya ketika saya bilang pasar kelor itu triliunan per tahun. Padahal itu bukan kata saya, hasil hitung-hitungannya Kementerian Luar Negeri Uni Eropa seperti itu,” ujar Dudi.

Pemilik PT Moringa Organik Indonesia tersebut berharap, semakin banyak masyarakat Indonesia yang mulai mencoba berbisnis produk tanaman kelor.

“Mari, bangsa kita mampu kok menjadi pemain kelor dunia, mampu kok. Saya sendiri yang kekuatannya seperti ini mampu kok. Karena selama 10 tahun lebih ya saya ibarat lomba lari sendiri, ya pasti menanglah. Jadi bukan karena saya pintar, tapi karena saya lomba lari sendirian,” kata Dudi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *