oleh

Tim Nagari Tageh, Perbaiki System Solar Cell Nagari Pakan Rabaa Utara Solsel

-Bisnis-353 views

INBISNIS.ID, SOLOK SELATAN – Program Tageh di Sembilan Nagari di Solok Selatan salah satunya adalah revitalisasi system distribusi air minum di perternakan sapi BUMNAG “Iliran Batang Suliti” di Nagari Pakan Rabaa Utara. Sejak didirikan tahun 2020, peternakan sapi yang dikelola BUMNAG ini sudah menggunakan system distribusi air minum untuk sapi menggunakan tenaga matahari.

Air dipompakan dari lembah dengan listrik dari sinar matahari yang disimpan di baterai. Biaya system ini seluruhnya ditanggung oleh Dana Nagari dengan anggaran sekitar 18 juta rupiah. Namun, Karena kurangnya perawatan peralatan green energy ini hanya bertahan satu bulan sejak dipasang awal tahun 2020 lalu. Sistem ini sebenarnya sangat sederhana dengan pemasangan system plug and play.

Semua konektornya sudah standard dan semua komponen sudah dijual bebas secara online. Hingga bulan Desember 2021, system distribusi diganti tenaga manusia yang mengangkut air dari lembah ke area peternakan yang kebetulan terletak agak di atas bukit Kampung Durian di Jorong Batuang Bajawek.

Melalui program Nagari Tageh yang di support oleh PT. Supreme Energy Muaralabuh, system distribusi ini berhasil di perbaiki dengan penggantian beberapa komponen dan perbaikan system pengkabelan. Komponen yang diganti diantaranya “solar charger controller 30 A 12 V, Baterai 100 Ah 12 V sebanyak dua unit dan Pompa air 125 Watt. Sedangkan komponen solar panel 500 Wp dan Interver 500 W DC to AC masih berfungsi dengan Baik.

Wali nagari dan Pengelola BUMNAG sangat berterima kasih atas perbaikan dan pelatihan maintenance yang dilakukan oleh dosen-dosen Universitas Andalas yang tergabung dalam Program Nagari Tageh ini. Beliau berharap dengan adanya pelatihan ini jika ada masalah dengan system ini bisa ditangani oleh pengelola BUMNAG.

Menurut Dr. Andani Eka Putra, selaku penggagas Nagari Tageh, sebenarnya ada 10 Pilar Nagari Tageh diantaranya Tageh Kesehatan dan Tageh Ekonomi. Dengan bantuan ini revitalisasi ini, kita baru mewujudkan Tageh Ekonomi dengan membantu usaha BUMNAG dalam pemberdayaan ekomoni masyarakat imbuhnya.
Selanjutnya, program untuk Nagari Pakan Rabaa Utara yang akan didampingi oleh Dr. Ir Arfai, MS dari Fakultas Peternakan dan Drs. Armansyah, M.Hum Fakultas Ilmu Budaya – Unand adalah mewujudkan perternakan Sapi modern yang bisa menghasilkan sapi pedaging dengan cepat dan juga pupuk dan pestisida sebagai usaha tambahan dari kotoran sapi. Program ini akan pendampingan ini akan dilaksanakan selama 3 tahun sampai peternakan BUMNAG ini benar-benar menjadi contoh peternakan yang modern di solok selatan.

Dr. Eng Jon Affi dan Ir. Syarkawi, M.Sc. Penulis Merupakan Dosen Teknik Mesin FT Unand dan Anggota Tim Nagari Tageh

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *