INBISNIS.ID, TERNATE – Asosiasi Home Industri Indonesia (Ahindo) dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Maluku Utara, menggelar Bazar dan Pameran produk guna membantu UMKM di Kota Ternate pada Sabtu (12/2) kemarin di Taman Nukila, Kota Ternate, Maluku Utara.
Kegiatan Bazar dan Pameran yang mengambil tema “UMKM Kuat Bangsa Berdaulat, UMKM Bangkit Indonesia Maju” merupakan kolaborasi antara Apindo dan Ahindo untuk membantu UMKM, seiring dengan kondisi ekonomi saat ini yang terpuruk karena adanya pendemi Covid-19.
Dampak Covid-19 yang menghantam perekonomian masyarakat ini memang teramat sulit bagi UMKM, bahkan bisa digolongkan sebagai kejadian luar biasa yang sulit diprediksi sebelumnya. Ada yang harus mengurangi jumlah produknya, ada yang menghentikan sementara, bahkan ada yang kolaps sehingga tidak berproduksi lagi.
Ketua Ahindo Malut, Hj. Dedeh yang coba dihubungi INBISNIS.ID ditengah kesibukannya menyiapkan kupon Bazar mengatakan bahwa kolaborasi Ahindo dan Apindo Malut kami sepakat membantu para UMKM kita dalam bentuk bazar produk UKM, karena menurutnya dengan belanja bazar ini bisa menumbuhkan kembali ekonomi mereka akibat pandemi yang berlangsung kurang lebih dua tahun.
“Jadi mari bersama memilih paket produk mereka sambil ngumpul ngopi-ngopi santai,” tuturnya.
Terlihat di lokasi kegiatan pelaksanaan yang di mulai pada pukul 11.00 hingga 14.00 sangat ramai oleh pengunjung yang datang untuk melihat hasil produk UMKM, dan sebagian besar membeli beberapa produk selain di santap sendiri, juga ada yang dikirim ke keluarga di luar ulau Ternate.
Salah seorang pengunjung mengatakan bahwa dia tertarik pada beberapa produk yang ditampilkan seperti Kopi Rempah Cup, Kripik pisang mulu bebe, dan makron sagu kenari. Semua produk yang di belinya untuk dikirim kekeluarganya yang ada di Kota Jakarta.
Pantauan awak media juga melihat banyak pengunjung yang duduk santai di areal acara itu sambil menikmati produk yang siap saji bersama keluarga, maupun kerabatnya.
“ Alhamdulillah saya lega dan bahagia, karena produk mereka banyak yang sudah terjual, banyak peserta UMKM merasa senang”, tutur Hj. Dedeh
.
Lebih lanjut dikatakan wakil ketua Apindo ini bahwa target dan sasaran dari tujuan kegiatan ini terpenuhi, membantu pemasaran dari produk UMKM adalah tujuan panitia, beberapa meja tempat pajangan produk juga terlihat kosong karena habis terjual.
Seorang peserta UMKM yang biasa dipanggi Mama Hanum, dengan produk bagea gula, kripik pisang mulu bebe dan Hawa Kanari merasa puas dan senang karena produknya laris manis terjual.
“UMKM senang, kami juga senang, bersama-sama kita satukan semangat menghadapi tatangan pendemi dan transformasi UMKM ke depan,” pungkas pemilik Gallery Etnic ini mengakhirinya.
Komentar