oleh

Tabungan Belum Cukup Beli Mobil, Warga Selayar Ciptakan Mini Jeep

INBISNIS.ID, SELAYAR – Salah seorang warga Parappa Kelurahan Bontobangun Selayar memiliki talenta yang luar biasa, mampu menciptakan mobil mini Jeep dari besi tua bermesin 4 Tak. Kamis, (11/11/2021).

Berangkat dari keinginan untuk memiliki sebuah mobil namun tabungannya belum mencukupi untuk harga 1 (Satu) buah mobil impiannya. Akhirnya Bang Dedy berinisiatif membangun mobilnya dari berbagai macam besi sisa sisa proyek yang dia kumpulkan.

Semangat yang kuat dibarengi dengan kreativitas dan skill las yang dia miliki, dia merancang dan membangun mobil mini Keep sesuai keinginannya.

“Butuh waktu cukup lama dalam prosesnya, sampai tampak begini. Sekitar 2 atau 3 tahun-an lah, karena beberapa hal. Dari persiapan alat, bahan yang mesti nyari dulu toh dan dikumpulkan. Kalau peralatan, miliki sendiri. Kan saya punya bengkel las” ujar Dedy

Keseharian nya dia bekerja sebagai tukang las yang berlokasi depan rumahnya sendiri. Mengerjakan proyek macam macam-macam yang pesan pelanggan, seperti pengalaman jenderal, pagar, pintu pagar dan lainnya.

Mobil mini Jeep yang dibangunnya bermesin motor Suzuki 4 tak mempunyai transmisi 5 percepatan dan tenaganya 125 CC. Dirangkai dengan girboks mobil carry untuk pemutar roda belakang dengan mudah. Keseluruhan rangka dan body mobil dirakitnya dari sisa besi proyek tersebut.

“Cuma mungkin aksesorisnya saya beli online seperti kaca spion, lampu depan, lampu rem, lampu sein karena tidak ada dijual di sini. Kalau gardan itu dari motor Viar, kalau mesin Thunder. Rangka dari holo ukuran 4/8, kalau tangki-tangki ini memang ku ambil di temanku, saya beli karena ini takkan tangki asli asli ya mobil perang jadi untuk menambah kesan-kesan saja” tambahnya

Menurut pengakuannya, mobil rakitannya sudah diuji coba jalan raya sekitar 10 KM tanpa masalah. Mampu memuat 2 orang dewasa dan 3 anak anak. Mobil tersebut mampu mendaki tanjakan yang cukup terkenal walaupun memuat 5 orang penumpang. Namun kekurangan mobilnya tidak dilengkapi power steering tapi setirnya cukup ringan. Fitur keamanan dilengkapi dengan sabuk pengaman standar.

Untuk diketahui bang Dedy juga suka menanam dan membibitkan tanaman stroberi dan Pohon Tin atau Ara yang berasal dari Asia Barat. Bibit yang sudah tumbuh mandiri dijual untuk tambahan kebutuhan keluarganya.

(Andi Rusman/Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *