oleh

Peluang dan Antusiasme: Partisipasi Indonesia di BIOFACH 2025

INBISNIS.ID, NUREMBURG – Indonesia kembali berpartisipasi pada Pameran Biofach 2025 yang merupakan ajang pameran produk organik terbesar di dunia pada 10 – 13 Februari 2025 di Nuremberg, Jerman.

Partisipasi ini menjadi ajang untuk memperkuat posisi pasar Indonesia sebagai penghasil produk organik lokal berkualitas.

Paviliun Indonesia secara resmi dibuka oleh Koordinator Fungsi Ekonomi KBRI Berlin, Minister Counsellor Andri P. Nugroho, bersama dengan Kepala ITPC Hamburg, Faried Wirawan Rachman.

Dalam sambutannya, Minister Counsellor Andri P. Nugroho menekankan bahwa kehadiran Indonesia di Biofach menjadi momentum penting dalam mempromosikan produk organik unggulan Indonesia, sekaligus memperluas jaringan bisnis dan meningkatkan ekspor produk organik ke pasar Eropa.

“Partisipasi Indonesia dalam Biofach 2024 merupakan langkah strategis dalam memperkenalkan produk organik nasional ke pasar global,” ujar Andri P. Nugroho yang dilansir indonesianembassy.de, Kamis (13/2/2025).

“Dengan meningkatnya tren konsumsi produk organik di Eropa yang tumbuh hingga 15% dalam satu tahun terakhir, ini adalah peluang besar bagi pelaku usaha Indonesia untuk meningkatkan ekspornya ke Jerman dan Eropa pada umumnya,” lanjutnya.


BACA JUGA :


Sementara Kepala ITPC Hamburg, Faried Wirawan Rachman, menyatakan bahwa permintaan pasar Eropa terhadap produk organik, khususnya gula kelapa, terus meningkat seiring dengan pergeseran preferensi konsumen yang lebih sadar akan kesehatan dan lingkungan.

“Gula kelapa Indonesia memiliki keunggulan dalam hal kualitas dan keberlanjutan dibandingkan dengan produk pemanis lainnya. Dengan meningkatnya harga dan permintaan produk ini di pasar global, Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi pemain utama dalam industri gula kelapa organik dunia,” ujar Faried Wirawan Rachman.

Acara empat hari ini dipenuhi dengan diskusi produktif dan pertemuan bisnis yang bermanfaat. Pelanggan potensial dari seluruh dunia terlihat antusias mengunjungi Paviliun Indonesia untuk mendapatkan produk organik terbaik.

KBRI Berlin dan ITPC Hamburg telah memfasilitasi pertemuan antara perusahaan Indonesia dengan jaringan ritel besar seperti Bio Markt (dennree GmbH) dan Lidl, untuk menjajaki peluang distribusi produk-produk organik Indonesia ke pasar Jerman dan Eropa.
Hal ini berdasarkan yang dikutip media INBISNIS.ID, Kamis (14/8/2025).

Tahun ini, Paviliun Indonesia menempati Hall 1/151 dengan luas 84 meter persegi, menghadirkan delapan perusahaan Indonesia yang menampilkan beragam produk organik, terutama gula kelapa dalam bentuk granula dan sirup.

Delapan perusahaan tersebut adalah PT Gulapa, PT Hijau Gunung Masarang, CV Hugo Inovasi, PT Intrafood Singabera Indonesia, Aluan, Biopac, PT Navil Natural Organik, dan Natural Java Spice. Selain itu, dua perusahaan Indonesia lainnya, PT Coco Sugar Indonesia dan PT Mega Inovasi Organik/Organic Food Indonesia AR GmbH, juga berpartisipasi secara mandiri.

Sumber : https://indonesianembassy.de/

Well, Silahkan tulis pendapatnya di kolom komentar ya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *