oleh

Jemmy, Ubah Hobi Jadi Peluang Bisnis yang Menguntungkan

INBISNIS.ID, LARANTUKA – Jika berminat dalam dunia fotografi, cobalah untuk menggeluti bidang ini dengan serius. Mengapa tidak? Fotografi merupakan salah satu hobi “mahal” yang bisa dijadikan peluang bisnis yang menguntungkan. Pengalaman ini sudah dibuktikan oleh salah seorang fotografer bernama Jemmy Riberu.

Jemmy memiliki sebuah studio yang berlokasi di Pohon Sirih, kecamatan Larantuka, kabupaten Flores Timur. Dulunya studio ini  adalah ruang tamu yang ia sulap menjadi studio mini tempat ia berkreatifitas.

Jemmy mulai menitik karir di dunia fotografi sejak zaman kuliah. Awalnya, ia ikut dalam komunitas fotografi di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

“Niat awalnya mau foto-foto saja untuk dokumentasi di kegiatan kampus, tapi diundang dalam komunitas fotografi di Facebook” ungkap Jemmy (10/11).

Ia memiliki tekad yang kuat selama berada di komunitas agar bisa mendapatkan model sebagai objek fotonya. Hingga suatu hari ketua komunitas mengadakan kegiatan pemotretan sekaligus hunting bersama sepuluh model dan situ semua anggota komunitas bebas mengekspresikan skill fotografinya.

Sejak tahun 2018 selama berada dalam komunitas, ia banyak belajar ilmu fotografi bersama senior-seniornya. Di sela-sela kejenuhan saat kuliah, Jemmy memanfaatkannya untuk hunting foto bersama kenalannya.

Perjalanannya membuat studio mini pun bukan hal yang mudah, ia harus berselisih paham dengan orangtuanya soal hobi ini. Selain itu, mendesain tempat ini menjadi studio yang menarik pun butuh proses. Sebelumnya, Jemmy hanya menggunakan perlengkapan seadanya bahkan untuk membeli kamera impiannya, ia harus rela meminjam uang di bank.

Kini ia bisa membuktikan kepada orang tuanya bahwa hobinya bukan sekedar hobi tapi menjadi hobi yang bisa menghasilkan.

Dengan uang yang ia hasilkan dari kerja kerasnya selama ini, memotret acara pernikahan, ulang tahun, wisuda, dsb ia bisa mengubah studionya jadi lebih menarik seperti sekarang.

Jemmy berharap suatu hari nanti ia dapat membuat studio yang lebih besar dan mewah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *