oleh

Wisata Istana Karts Ujung Bulu yang Mempesona di Maros Sulawesi Selatan

INBISNIS.ID, MAROS – Salah satu tujuan wisata Favorit di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan ialah objek wisata Istana Karst Ujung Bulu Desa Botolempangan, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, dan hanya berjarak sekitar 45 Km dari Makassar – Maros dan dari Pangkep – Maros 15 Km.

Objek wisata Istana Karst menawarkan keindahan batuan karst yang terbesar ke-2 di dunia setelah negeri Cina.

Panorama keindahan batuan karst ini memiliki goa-goa yang berbentuk (Labirin) jalur-jalur yang rumit yang menarik untuk ditelusuri, dan ditambah lagi keindahan pegunungan disertai keindahan persawahan dan tambak.

Bukan hanya itu istana karst menyediakan lokasi camp, spot foto sangat sangat instagramable dan teras sunset, kedua objek ini dijadikan background pengambilan gambar yang indah bagi wisatawan.

Sukran Kabir selaku Ketua Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Ujung Bulu, mengatakan bahwa lokasi ini tidak hanya menawarkan keindahan alam tetapi objek wisata istana karst ini memiliki goa-goa yang di dalamnya mempunyai bukti peninggalan prasejarah seperti tumpukan kerang, tulisan maupun gambar ribuan tahun orang terdahulu (Zaman Purbakala).

Dan masyarakat masih menjunjung tinggi adat dan istiadat serta budaya kesenian lokal itu sendiri, seperti Mappadendang (Pesta Perayaan Panen) dengan Ammanca (seni beladiri pencak silat),” ujarnya.

Hanya saja, di lokasi tersebut, lanjut Sukran belum dilengkapi dengan fasilitas hotel atau penginapan yang representatif, karena wisata ini relative baru dibuka dalam 1 tahun ini, sehingga wisatawan harus ke Maros atau ke Makassar untuk menginap.

“Tetapi dengan jarak yang relatif dekat dengan kota Makassar yang dapat ditempuh sekitar 1 jam via jalan Tol Reformasi. Bagi yang ingin reservasi dan berkunjung ke lokasi wisata Karts tersebut dapat menghubungi Udin,selaku Ketua Masata (Masyarakat Sadar Wisata) Maros via WA: 0813-5437-2326 atau Bang Jon WA: 0812-4260-8407, yang turut senantiasa mendampingi penulis sekaligus sebagai penikmat wisata unik nan mempesona di Sulsel,” tutupnya.

(Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *