oleh

Desa Wisata Ekasari Mewakili Jembrana Masuk ke 300 Besar ADWI

INBISNIS.ID, JEMBRANA – Desa wisata Ekasari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana tahun ini mewakili Jembrana masuk ke 300 besar ADWI (Anugerah Desa Wisata Indoneisa). Dimana sebelumnya pada tahun 2021, Desa wisata Ekasari masuk nominasi dalam ajang tersebut.

Ketua Pokdarwis Desa Ekasari I Komang Anom Suastika Sri Bayu SST. Par. mengatakan, tahun ini persiapan administrasi sudah final dan sudah disahkan oleh Bupati berupa Surat Keputusan (SK)  Desa Wisata tahun 2022 guna mendukung potensi yang ada di Desa Ekasari,

Anom mengungkapkan, bahwa gereja dan pura memiliki nilai potensi sebagai nilai pengembangan. Perpaduan pelestarian seni, budaya, adat dan agama yang kukuh kebersamaanya menjadikan akselerasi budaya ini semakin kokoh dari jaman ke jaman. Selain itu, Jembrana sudah terkenal menjadi salah satu agrowisata penghasil coklat ke 3 yang terkenal akan kakao kualitas ekspornya. Hal ini diharapkan agar seluruh warga dapat berkoordinasi dengan baik dengan pihak juri.

Dalam penilaian, Desa Wisata Ekasari saat ini sedang berkembang dengan terpantaunya kunjungan yang dilakukan wisatawan terus meningkat baik lokal maupun wisman. Salah satu daya tarik yakni kendang mebarung dan juga tari sakral hingga kini tetap dikembangkan sebagai potensi seni, adat dan juga budaya yang ada di Desa Ekasari.

Perbekel Desa Ekasari, I Gede Puja menambahkan, dukungan dari desa masih belum maksimal sepenuhnya. Di lain sisi, banyak pemerhati wisata memberikan dukungan untuk Desa Wisata Ekasari. Dengan luas tanah 1600 hektar di Desa Ekasari dengan jumlah penduduknya 5.200 jiwa yang terdiri dari 10 banjar dinas dengan adanya nilai toleransi dari setiap agama yang ada di Jembrana serta kesenian yang dimiliki agar terus dapat dijaga dan dilestarikan.

“Ragam corak budaya yang terus dilestarikan akan tetap dibina sehingga kelestarian ini terpupuk dengan apik bahkan nilai-nilai toleransi umat beragama yang ada selalu terjaga sehingga tidak pernah menimbulkan konflik sehingga terciptanya keharmonisan, inilah yang menjadi domain ikut ajang lomba.” tutup Perbekel Desa Ekasari.

(Redaksi)

Well, Jika ada yang perlu dibenahi atau disesuaikan tentang berita dan website INBISNIS.ID? Boleh ditulis di kolom komen ya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.