wrapper

Breaking News

Monday, 11 Oct 2021

Menelusuri Keunikan Rumah Gadang Angku Lareh di Nagari Selayo

Ditulis Oleh 
Rate this item
(1 Vote)
Rumah Gadang Angku Lareh/Istimewa

--------------------

INBISNIS.ID, SOLOK - Berbicara Soal Rumah Gadang tidak ada habisnya untuk dibahas. 

Rumah Gadang merupakan rumah adat bagi masyarakat suku Minangkabau yang memiliki keunikan di setiap daerahnya. Seperti Rumah Gadang yang berada di Nagari Selayo, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Rumah Gadang ini merupakan rumah gadang yang pemilik dahulunya bernama Angku Lareh, yang dimana rumahnya satu jenis dengan Rumah Gajah Maharam. 

Keunikan yang terdapat di Rumah gadang ini adalah terdapat berbagai motif ukiran di depannya, terdapat beduk yang digunakan sebagai pertanda khatik akan turun dari rumah gadang pada masa dahulunya, selain itu juga terdapat Rangkiang yang digunakan untuk menyimpan padi.

Penghuni Rumah Gadang Angku Lareh Siti Nila Sari yang merupakan anak dari Tuanku Rajo Balun, saat diwawancarai tanggal (10/10/2021), menyatakan bahwa Rumah ini sering didatangi berbagai wisatawan dan pernah digunakan untuk syuting video klip lagu minang.

“Rumah Gadang ini sering didatangi oleh wisatawan, dan juga digunakan sebagai tempat syuting video klip lagu Minang” kata Siti Nila Sari.

Siti Nila Sari juga menambahkan bahwa perawatan untuk Rumah Gadang Angku Lareh ini dilakukan secara pribadi oleh keluarga yang tinggal di rumah tersebut.

“Untuk perawatannya sendiri secara pribadi oleh keluarga yang tinggal di rumah gadang ini” tandasnya.

(Ilham Fahiza Putra/SBN)




Dibaca 104 Kali

INBISNIS dibangun dalam rangka mendukung dunia usaha dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan bangsa Indonesia dan seluruh warga dunia.

Ikuti Kami