oleh

Strategi Komunikasi Pemasaran Indihome Pasca Pandemi Covid-19

-Daerah-793 views

INBISNIS.ID, JAWA TENGAH – Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang telekomunikasi, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menjadi satu dari sekian banyak pelaku bisnis Information & Communication Technology (ICT) yang diharuskan untuk beradaptasi di tengah disrupsi pandemi ini. Setelah mencanangkan diri untuk bertransformasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital (digital telco) sejak tahun lalu, adanya pandemi Covid-19 memberikan ruang akselerasi digital sehingga mengharuskan perusahaan untuk mempercepat upaya transformasi tersebut. Kegiatan usaha Telkom Group tumbuh dan berubah seiring dengan perkembangan teknologi, informasi dan digitalisasi, namun masih dalam koridor industri telekomunikasi dan informasi. Hal ini terlihat dari lini bisnis yang terus berkembang melengkapi legacy yang sudah ada sebelumnya.

Indonesia Digital Home (IndiHome) adalah salah satu produk layanan dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Layanan ini berupa paket layanan komunikasi dan data seperti telepon rumah (voice), Internet (Internet On Fiber atau High Speed Internet), dan Layanan Televisi Interaktif ( Usee TV Cable, IP TV). Dengan layanan tersebut Telkom memberi label IndiHome sebagai Tiga Layanan Dalam Satu Paket (3 In 1), karena selain Internet, pelanggan juga mendapatkan tayangan TV berbayar dan saluran telepon. Dalam menyikapi tantangan di masa pandemi ini, Indihome terus menyusun strategi efektif dalam melayani penggunanya.

Saat ini, Indihome tengah menjadi salah satu mesin pertumbuhan baru perseroan. Tercatat, per Juni 2020 kontribusi bisnis internet broadband tersebut mencapai sekitar 15 persen terhadap pendapatan konsolidasi Telkom. (Utami, 2020). Pesatnya perkembangan teknologi akses jaringan dan teknologi yang berbasis internet memungkinkan bagi operator layanan untuk dapat menyediakan layanan yang beragam (multi service) bagi pelanggannya yaitu layanan suara (telepon), data (internet) dan gambar (IP- TV) dalam satu jaringan akses atau dikenal dengan layanan triple play. (Simangunsong, 2016). Triple play tren teknologi dan merupakan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Teknologi berubah dari kabel tembaga menjadi kabel fiber optik. Dari kabel fiber optik ini bisa berjalan beragam layanan yang bisa diberikan. (Simangunsong, 2016) Semakin banyaknya persaingan dari para provider penyedia jasa telekomunikasi di masa pandemi Covid-19 ini, membuat PT. Telkom Indonesia Tbk melakukan berbagai strategi komunikasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam sektor telekomunikasi.

Komunikasi sebagai media transmisi dalam penyampaian pesan merupakan aspek penting dan kompleks bagi kehidupan manusia. Dalam perkembangan keilmuannya, komunikasi terbagi kedalam jenis yang bermacam-macam, salah satunya yaitu komunikasi pemasaran. Komunikasi pemasaran telah menjadi salah satu bagian terpenting bagi IndiHome. Dengan cara ini, IndiHome menentukan lokasi psikologis yang akan ditempati. Penentuan posisi, karenanya, adalah segala tindakan yang dilakukan IndiHome untuk mencapai tujuan mempengaruhi persepsi konsumen. Positioning merupakan strategi komunikasi untuk memasuki benak konsumen, agar nama IndiHome mengandung kesan tertentu di antara platform layanan telekomunikasi digital lainnya yang dalam beberapa segi mencerminkan keunggulan terhadap benak hubungan asosiatif. Strategi komunikasi merupakan panduan dari perencanaan (planning) dan manajemen (management) untuk mencapai tujuan tertentu dalam praktek operasionalnya. Untuk mencapai tujuan tersebut strategi komunikasi harus dapat menunjukkan bagaimana operasionalnya secara taktis harus dilakukan, dalam arti kata bahwa pendekatan (approach) bisa berbeda sewaktu waktu tergantung dari situasi dan kondisi. (Riadi, 2020).

Strategi pemasaran ini kemudian menjadi ujung tombak dari IndiHome baik di tingkat nasional maupun regional khususnya di dalam menjaring pelanggan lama (yang telah berlangganan layanan Telkom praIndiHome) maupun calon pelanggan baru yang tertarik dengan layanan Triple Play dari IndiHome. Dengan mengadakan kegiatan dalam rangka mewujudkan strategi komunikasi pemasaran IndiHome dalam membangun positioning di tengah pandemi Covid-19 di Indonesia, dengan menyelenggarakan kegiatan, diantaranya Digital Activation, Webinar AdsQoo dan  Webinar Maxight.

IndiHome akan terus berinovasi memberikan produk dan layanan digital, tidak hanya untuk memberikan pengalaman digital terbaik bagi masyarakat tapi juga untuk menggerakkan perekonomian nasional. Layanan fixed broadband triple play, IndiHome mencatat kinerja yang semakin kuat baik dari segi finansial maupun operasional, dan menjadi salah satu lini bisnis andalan Perseroan ke depan. Dalam melaksanakan operasional perusahaannya, IndiHome telah mencapai tujuan utama strategi komunikasi yaitu dengan adanya Triple play tren teknologi, maka telah terjalin hubungan yang baik antara IndiHome dengan masyarakat dan IndoHome memberikan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Kemudian melalui gerakan #dirumahgaknyerah maka secara langsung IndiHome memberikan motivasi kepada masyarakat untuk membangun kesadaran yang positif kepada konsumen yaitu untuk tetap aktif melaksanakan kegiatan bekerja, sekolah kuliah atau aktivitas lainnya di masa pasca pandemi Covid-19. Strategi positioning yang digunakan IndiHome sudah tepat yaitu dengan Positioning concept yaitu posisi produk dirancang telah memenuhi kebutuhan konsumen di masa pandemi Covid-19. 2. Benefit positioning yaitu melalui#dirumahgaknyerah manfaat yang diberikan kepada konsumen dimasa pandemi Covid-19 dalam melaksanakan aktivitasnya.

Oleh : Teguh Iklas Miranto (Mahasiswa Program Pascasarjana Ilmu Management Fakultas Ekonomi & Bisnis – Unsoed)

(Redaksi)

Well, Silahkan tulis pendapatnya di kolom komentar ya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *