INBISNIS.ID, PURWEKERTO – Hal terpenting dalam aktivitas pemasaran adalah untuk mendapatkan pelanggan, mengajaknya, dan menjadikan mereka sebagai aset berharga, yaitu sumber pendapatan bagi perusahaan. Pada masa pandemi ini, Kamu sebagai pemilik usaha atau sebagai pelaku pemasaran lainnya, diharuskan untuk mengubah strategi pemasaran, supaya tetap bisa melakukan penjualan produknya kepada pelanggan yang sekarang kini lebih sering berbelanja dari rumah, serta menerapkan kebiasan social distancing, dan juga kondisi pasar yang tak menentu.
Peluang Strategi Pemasaran yang Baru, berikut ini adalah beberapa peluang baru dalam hal pemasaran produk di masa pandemi ini, sehingga penjualan produk Kamu tetap bisa stabil dan usaha Kamu mampu bertahan melewati masa pandemi ini.
- Pelanggan Mengutamakan Hubungan Yang Dipercayainya
Riset yang dilakukan oleh tim kami mengidentifikasi bahwa hubungan yang bisa dipercaya merupakan prioritas paling tinggi bagi pelanggan. Dan yang lebih mengejutkannya lagi ialah persentase tertinggi menunjukkan bahwa pelanggan lebih fokus pada “hubungan saling percaya” daripada “harga yang rendah”, walaupun kondisi ekonomi sedang menurun akibat pandemic ini.
Riset ini menunjukkan adanya peluang yang cukup besar bagi Kamu dan pemilik usaha lainnya untuk mencoba produk, layanan, atau model baru kepada pelanggan yang mempercayai mereknya, namun tidak terlalu sensitif terhadap harga.
Tantangannya adalah bagaimana Kamu selaku pemilik usaha bisa menggunakan kesempatan ini untuk membuat strategi pemasaran baru yang mampu meningkatkan hubungan baik antara pelanggan kepada merk Kamu, yang berpotensi menambah penjualan di masa depan. Oleh karena itu, pastikan Kamu mempunyai dan meng-update database pelanggan Kamu , lalu mulai buat rencana program untuk meningkatkan hubungan baik dengan para pelanggan tersebut supaya mereka merasakan bahwa merek Kamu peduli dengan para pelanggannya.
- Pemasaran Via Digital Dan Online Terbukti
Penjualan online sudah bertumbuh ke level tertinggi selama masa pandemic ini, dimana rata-rata kontribusinya mencapai 20% terhadap penjualan. Hal ini memperlihatkan penerimaan pelanggan penawaran dengan platform digital dan pengalaman belanja online sangat menguntungkan. Dan diharapkan perubahan perilaku belanja digital ini tetap berlanjut walaupun masa pandemi telah usai nanti. Oleh sebab itu, strategi pemasaran produk Kamu perlu disesuaikan untuk bisa memenuhi harapan dan peluang baru dari para pelanggan melalui digital ini.
Tantangan bagi Kamu ialah bagaimana menggunakan alokasi biaya dengan tepat untuk meningkatkan pengalaman pelanggan Kamu melalui media digital. Strategi pemasaran ini tentunya akan meningkatkan investasi pemasaran digital Kamu , namun apabila pelanggan puas, maka akan bisa meningkatkan penjualan produk Kamu melalui penjualan online.
- Media Sosial Meningkat Dan Menghasilkan Penjualan
Yang perlu difokuskan oleh pemilik usaha selama pandemi ialah membangun nilai merek yang terhubung dengan pelanggan, serta bisa mempertahankan pelanggan saat ini. Dan media sosial telah menjadi alat penting bagi pemilik usaha untuk tetap mempunyai hubungan baik dengan pelanggannya. Dengan tujuan tersebut, Kamu perlu meningkatkan investasi di menjalankan strategi pemasaran melalui media sosial. Dimana sekarang ini strategi pemasaran tersebut telah sanggup membuahkan hasil, yakni bisa meningkatnya kontribusi media sosial terhadap penjualan dan kinerja perusahaan tersebut.
Tantangan bagi Kamu sebagai pemilik usaha adalah untuk mempertahankan dan memperluas penggunaan media sosial yang telah ada saat ini, dan memastikan bisa diakses dengan baik melalui handphone sehingga makin memudahkan pelanggan.
- Walaupun Jumlah Tim Pemasaran Berkurang Tetapi Lebih Produktif
Sekitar 60% pemilik usaha menyatakan bahwa aktivitas pemasaran menjadi lebih penting selama COVID-19, terlebih bila dilakukan melalui media digital untuk menjalin hubungan dengan pelanggan. Oleh karenanya biaya pemasaran menjadi semakin meningkat, walaupun banyak perusahaan mengalami penurunan pendapatan. Tetapi disisi lain, 9% dari pekerjaan bidang pemasaran telah berkurang jumlahnya. Hal ini diperkirakan akan berlanjut hingga tahun depan, dimana perekrutan tim pemasaran baru akan sangat sedikit.
Organisasi pemasaran yang lebih ramping tentunya harus memprioritaskan fokus strategi pemasaran mereka selama pandemi ini ke aktivitas yang lebih penting dan bisa menghasilkan penjualan. Tantangan bagi Kamu sebagai pemilik usaha ialah untuk bisa mempertahankan momentum kinerja tim pemasaran yang produktif, walaupun nantinya ada penambahan sumber daya baru.
- Cepat Beradaptasi Merubah Strategi Pemasaran
Kamu perlu mempertimbangkan pandemi sebagai kesempatan untuk melakukan pengembangan kemampuan Kamu . Sebagai pemilik usaha, Kamu pasti paham bahwa perubahan, beradaptasi, dan menentukan arah di tengah ketidakpastian situasi sangatlah mengasah strategi pemasaran serta soft skill lainnya yang terkait. Untuk melakukannya, alokasi biaya pelatihan tim pemasaran Kamu akan membutuhkan peningkatan, supaya tim pemasaran Kamu bisa mempunyai kapasitas pengetahuan yang cukup untuk mampu melakukan perubahan pada strategi pemasaran untuk mengikuti kondisi pasar yang penuh dengan ketidakpastian. Tantangan bagi Kamu selaku pemilik usaha ialah mempertahankan mindset siap-untuk-berubah ini di antara tim pemasaran Kamu setelah keadaan telah semakin baik nantinya.
- Pada Strategi Marketing Di Masa Pandemi, Pastikan Keamanan Produk Diperlihatkan Saat Promosi Penjualan
Pastikan keamanan produk kamu diperlihatkan saat promosi Penjualan dan seni manajemen Pemasaran Produk UKM ketika Krisis Virus Covid-19. Kamu perlu memberi perhatian lebih terhadap segala promosi ataupun penjualan yang Kamu tawarkan. Hindari segala kesan negatif yang bisa menghambat brand usaha Kamu . Kamu bisa memberi video pada pelanggan bagaimana keamanan dan jaminan produk telah dilakukan. Hal ini akan membantu mereka semakin percaya bahwa Kamu memang meminimalkan segala resiko penularan Virus Covid-19.
- Seni Manajemen Pemasaran Produk Ketika Pandemi Covid-19 Manfaatkan Berbagai Media
Strategi Pemasaran Produk pada saat Pandemi Covid-19 memanfaatkan berbagai macam Media. Bila usaha UKM atau UMKM Kamu waktu ini mempunyai permintaan tinggi buat produk eksklusif tetapi usaha sulit menerima stok karena penutupan produksi sementara, keterlambatan logistik atau problem lainnya. Kamu bisa menginformasikan hal -hal tadi pada pelanggan. Berikan isu perihal perkiraan saat pengiriman, beri alasan kenapa produk hingga lebih lambat dari umumnya serta beri tahu kendala yang Kamu alami supaya mereka dapat kepastian. Kamu bisa menginformasikan serta menjawab segala keluhan pelanggan pada berbagai macam platform isu. Baik itu melalui email, website, media umum, push notification juga pesan dalam aplikasi. Pendekatan semacam ini akan membentuk pelanggan permanen bertahan di usaha Kamu .
Itulah beberapa tips mengenai strategi pemasaran produk di masa pandemi yang bisa Kamu terapkan dalam bisnis Kamu . Apabila sekarang ini strategi pemasaran yang Kamu lakukan belum mendapatkan hasil yang Kamu harapkan, dan mendapatkan solusi mengenai tantangan yang Kamu temui saat menjalankan strategi pemasaran usaha kamu.
Oleh : WIWIT NURI ANGGRAINI (Mahasiswa Pascasarjana Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto)
(Redaksi)
Well, Silahkan tulis pendapatnya di kolom komentar ya.
Komentar