oleh

Strategi Jitu Pemasaran di Masa Pandemi Yang Efektif dan Efisien

INBISNIS.ID, PURWEKERTO – Hal terpenting dalam aktivitas pemasaran adalah untuk mendapatkan pelanggan, mengajaknya, dan menjadikan mereka sebagai aset berharga, yaitu sumber pendapatan bagi perusahaan. Pada masa pandemi ini, Kamu  sebagai pemilik usaha atau sebagai pelaku pemasaran lainnya, diharuskan untuk mengubah strategi pemasaran, supaya  tetap bisa melakukan penjualan produknya kepada pelanggan yang sekarang kini lebih sering berbelanja dari rumah, serta menerapkan kebiasan social distancing, dan juga kondisi pasar yang tak menentu.

Peluang Strategi Pemasaran yang Baru, berikut ini adalah beberapa peluang baru dalam hal pemasaran produk di masa pandemi ini, sehingga penjualan produk Kamu  tetap bisa stabil dan usaha Kamu  mampu bertahan melewati masa pandemi ini.

  1. Pelanggan Mengutamakan Hubungan Yang Dipercayainya

Riset yang dilakukan oleh tim kami mengidentifikasi bahwa hubungan yang bisa dipercaya merupakan prioritas paling tinggi bagi pelanggan. Dan yang lebih mengejutkannya lagi ialah persentase tertinggi menunjukkan bahwa pelanggan lebih fokus pada “hubungan saling percaya” daripada “harga yang rendah”, walaupun kondisi ekonomi sedang menurun akibat pandemic ini.

Riset ini menunjukkan adanya peluang yang cukup besar bagi Kamu  dan pemilik usaha lainnya untuk mencoba produk, layanan, atau model baru kepada pelanggan yang mempercayai mereknya, namun tidak terlalu sensitif terhadap harga.

Tantangannya adalah bagaimana Kamu  selaku pemilik usaha bisa menggunakan kesempatan ini untuk membuat strategi pemasaran baru yang mampu meningkatkan hubungan baik antara pelanggan kepada merk Kamu, yang berpotensi menambah penjualan di masa depan. Oleh karena itu, pastikan Kamu  mempunyai  dan meng-update database pelanggan Kamu , lalu mulai buat rencana program untuk meningkatkan hubungan baik dengan para pelanggan tersebut supaya  mereka merasakan bahwa merek Kamu  peduli dengan para pelanggannya.

  1. Pemasaran Via Digital Dan Online Terbukti

Penjualan online sudah bertumbuh ke level tertinggi selama masa pandemic ini, dimana rata-rata kontribusinya mencapai 20% terhadap penjualan. Hal ini memperlihatkan penerimaan pelanggan penawaran dengan platform  digital dan pengalaman belanja online sangat menguntungkan. Dan diharapkan perubahan perilaku belanja digital ini tetap berlanjut walaupun masa pandemi telah usai nanti. Oleh sebab itu, strategi pemasaran produk Kamu  perlu disesuaikan untuk bisa memenuhi harapan dan peluang baru dari para pelanggan melalui digital ini.

Tantangan bagi Kamu  ialah bagaimana menggunakan alokasi biaya dengan tepat untuk meningkatkan pengalaman pelanggan Kamu  melalui media digital. Strategi pemasaran ini tentunya akan meningkatkan investasi pemasaran digital Kamu , namun apabila pelanggan puas, maka akan bisa meningkatkan penjualan produk Kamu  melalui penjualan online.

  1. Media Sosial Meningkat Dan Menghasilkan Penjualan

Yang perlu difokuskan oleh pemilik usaha selama pandemi ialah membangun nilai merek yang terhubung dengan pelanggan, serta bisa mempertahankan pelanggan saat ini. Dan media sosial telah menjadi alat penting bagi pemilik usaha untuk tetap mempunyai  hubungan baik dengan pelanggannya. Dengan tujuan tersebut, Kamu  perlu meningkatkan investasi di menjalankan strategi pemasaran melalui media sosial. Dimana sekarang ini strategi pemasaran tersebut telah sanggup membuahkan hasil, yakni bisa meningkatnya kontribusi media sosial terhadap penjualan dan kinerja perusahaan tersebut.

Tantangan bagi Kamu  sebagai pemilik usaha adalah untuk mempertahankan dan memperluas penggunaan media sosial yang telah ada saat ini, dan memastikan bisa diakses dengan baik melalui handphone sehingga makin memudahkan pelanggan.

  1. Walaupun Jumlah Tim Pemasaran Berkurang Tetapi Lebih Produktif

Sekitar 60% pemilik usaha menyatakan bahwa aktivitas pemasaran menjadi lebih penting selama COVID-19, terlebih bila dilakukan melalui media digital untuk menjalin hubungan dengan pelanggan. Oleh karenanya biaya pemasaran menjadi semakin meningkat, walaupun banyak perusahaan mengalami penurunan pendapatan. Tetapi disisi lain, 9% dari pekerjaan bidang pemasaran telah berkurang jumlahnya. Hal ini diperkirakan akan berlanjut hingga tahun depan, dimana perekrutan tim pemasaran baru akan sangat sedikit.

Organisasi pemasaran yang lebih ramping tentunya harus memprioritaskan fokus strategi pemasaran mereka selama pandemi ini ke aktivitas yang lebih penting dan bisa menghasilkan penjualan. Tantangan bagi Kamu  sebagai pemilik usaha ialah untuk bisa mempertahankan momentum kinerja tim pemasaran yang produktif, walaupun nantinya ada penambahan sumber daya baru.

  1. Cepat Beradaptasi Merubah Strategi Pemasaran

Kamu  perlu mempertimbangkan pandemi sebagai kesempatan untuk melakukan pengembangan kemampuan Kamu . Sebagai pemilik usaha, Kamu  pasti paham bahwa perubahan, beradaptasi, dan menentukan arah di tengah ketidakpastian situasi sangatlah mengasah strategi pemasaran serta soft skill lainnya yang terkait. Untuk melakukannya, alokasi biaya pelatihan tim pemasaran Kamu  akan membutuhkan peningkatan, supaya  tim pemasaran Kamu  bisa mempunyai  kapasitas pengetahuan yang cukup untuk mampu melakukan perubahan pada strategi pemasaran untuk mengikuti kondisi pasar yang penuh dengan ketidakpastian. Tantangan bagi Kamu  selaku pemilik usaha ialah mempertahankan mindset siap-untuk-berubah ini di antara tim pemasaran Kamu  setelah keadaan telah semakin baik nantinya.

  1. Pada Strategi Marketing Di Masa Pandemi, Pastikan Keamanan Produk Diperlihatkan Saat Promosi Penjualan

Pastikan keamanan produk kamu diperlihatkan saat promosi Penjualan dan  seni manajemen Pemasaran Produk UKM ketika Krisis Virus Covid-19. Kamu  perlu memberi perhatian lebih terhadap segala promosi ataupun penjualan yang  Kamu  tawarkan. Hindari segala kesan negatif yang bisa menghambat brand usaha Kamu . Kamu bisa  memberi video pada pelanggan bagaimana keamanan dan jaminan produk telah dilakukan. Hal ini akan membantu mereka semakin percaya bahwa Kamu  memang meminimalkan segala resiko penularan Virus Covid-19.

  1. Seni Manajemen Pemasaran Produk Ketika Pandemi Covid-19 Manfaatkan Berbagai Media

Strategi  Pemasaran Produk pada saat Pandemi Covid-19 memanfaatkan berbagai macam Media. Bila usaha UKM atau UMKM Kamu  waktu ini mempunyai  permintaan tinggi buat produk eksklusif tetapi usaha sulit menerima stok karena penutupan produksi sementara, keterlambatan logistik atau problem lainnya. Kamu  bisa  menginformasikan hal -hal tadi pada pelanggan. Berikan isu perihal perkiraan saat pengiriman, beri alasan kenapa produk hingga lebih lambat dari umumnya serta beri tahu kendala yang Kamu alami supaya  mereka dapat kepastian. Kamu  bisa menginformasikan serta menjawab segala keluhan pelanggan pada berbagai macam  platform isu.  Baik itu melalui email,  website, media umum, push notification juga pesan dalam aplikasi. Pendekatan semacam ini akan membentuk pelanggan permanen bertahan di usaha Kamu .

Itulah beberapa tips mengenai strategi pemasaran produk di masa pandemi yang bisa Kamu  terapkan dalam bisnis Kamu . Apabila sekarang ini strategi pemasaran yang Kamu  lakukan belum mendapatkan hasil yang Kamu  harapkan, dan mendapatkan solusi mengenai tantangan yang Kamu  temui saat menjalankan strategi pemasaran usaha kamu.

Oleh : WIWIT NURI ANGGRAINI (Mahasiswa Pascasarjana Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto)

(Redaksi)

Well, Silahkan tulis pendapatnya di kolom komentar ya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *