wrapper

Breaking News

Saturday, 02 Oct 2021

Jangan Berlebihan! Makanan dan Minuman ini Bisa Tingkatkan Resiko Kanker

Ditulis Oleh 
Rate this item
(2 votes)
Ilustrasi

--------------------

INBISNIS.ID, JAKARTA - Saat ingin meningkatkan kesehatan tubuh sebaiknya berhati-hati dalam memilih asupan makanan dan utamakan makanan yang lebih sehat. Menjalankan pola makan yang lebih sehat akan sangat mempengaruhi tubuh agar tetap berenergi dan bugar.

Tetapi jika memilih untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang tinggi lemak, kalori serta lemak trans efeknya akan sangat membahayakan kesehatan tubuh bahkan efeknya berlangsung untuk jangka panjang.

Berikut ini 5 makanan pemicu kanker yang harus diwaspadai menurut Times of India.

 

1. Daging Olahan

Daging, unggas, ikan dan telur semuanya termasuk ke dalam makanan sehat. Jika dikonsumsi dalam batas aman yang ditentukan. Tetapi jika daging yang dipilih merupakan daging yang telah melalui proses pengolahan pajang seperti diasapi, digarami atau diawetkan akan berubah menjadi makanan yang tidak sehat sama sekali. Daging-daging olahan tersebut berupa sosis, salami, bakso, bacon, bahkan pada daging asap kemasan. Efek dari mengkonsumsi daging olahan yang mengandung karsinogen ini akan merujuk pada peningkatan risiko kanker.

 

2. Gorengan

Makan makanan yang digoreng dengan menggunakan minyak goreng yang banyak dalam jumlah berlebihan sangat mengancam kesehatan tubuh. Makanan yang digoreng atau goreng-gorengan ini dikatakan oleh para ahli sangat sensitif untuk menciptakan sel-sel kanker yang berbahaya bagi tubuh.

 

3. Tepung dan gula

Pada suatu penelitian ditemukan bahwa gula dan karbohidrat yang diproses hingga terlalu halus justru dapat menimbulkan stres oksidatif dan inflamasi di dalam tubuh. Efeknya asupan tersebut dapat meningkatkan risiko kanker di dalam tubuh dan memberi jalan yang sangat luas untuk berbagai jenis kanker dapat berkembang.

 

4. Alkohol dan Minuman Berkarbonasi

Efeknya konsumsi minuman-minuman tersebut secara berlebihan dapat meningkatkan radikal bebas dengan mudah masuk ke dalam tubuh tanpa penghalang. Alkohol juga diketahui oleh ahli dapat membuat fungsi imun justru bekerja secara terbalik. Konsumsi alkohol dan minuman berkarbonasi ini dapat membuat fungsi imun kebingungan untuk mendeteksi target pre-kanker dan sel kanker. Sehingga sel-sel kanker akan sangat cepat bertumbuh karena tidak ada kekebalan imunitas yang bisa mendeteksi dan menyerang sel-sel kanker untuk mencegahnya berkembang.

(DetikHealth/Redaksi)

Dibaca 108 Kali Terakhir disunting pada Saturday, 02 October 2021 09:50

INBISNIS dibangun dalam rangka mendukung dunia usaha dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan bangsa Indonesia dan seluruh warga dunia.

Ikuti Kami