wrapper

Breaking News

Friday, 08 Oct 2021

Peluang Usaha di Masa Pandemi

Ditulis Oleh 
Rate this item
(2 votes)

--------------------

INBISNIS.ID, JAKARTA - Pandemi Covid-19 memang cukup berpengaruh pada kelangsungan bisnis dan dinilai akan membawa perubahan dalam bisnis ke depan terutama dalam perilaku konsumen dan konsumsi. Walaupun demikian, bekerja dan berbisnis dari rumah (Work From Home - WFH) bukannya berarti bisa santai-santai. Bagi pebisnis pemula atau profesional, bisnis tentunya tetap harus berjalan dengan efektif agar bisa bertahan, apalagi masa social distancing ini bisa menjadi kesempatan untuk mengoptimalkan strategi bisnis. Hal ini mendorong pentingnya identifikasi perilaku konsumsi dan konsumen dalam menghasilkan barang yang dibutuhkan oleh masyarakat. Selain itu juga sekaligus menjadi momentum berkembangnya ekonomi digital dan kreatif. 

Situasi pandemi Covid-19 telah mengubah banyak hal, terutama di bidang ekonomi. Saat wabah virus Corona terjadi, perekonomian menjadi tersendat. Akibatnya, banyak bisnis di sektor informal, termasuk Usaha Kecil para Pelaku Usaha Kaum Milenial terkena dampaknya. Strategi pemilihan usaha yang diterapkan perlu diperhatikan dengan kondisi saat ini. Bahkan, ada banyak ide bisnis di masa pandemi yang tidak memerlukan modal usaha, tetapi untung tetap banyak, maka inilah beberapa peluang usaha yang dapat dilakukan dilakukan berbagai kalangan mulai dari pelajar, karyawan, hingga Ibu Rumah Tangga (IRT).

1. Frozen Food 

Selain mudah dan praktis, makanan jenis ini juga bisa disimpan untuk jangka waktu yang cukup lama. Adapun perlengkapan yang dibutuhkan, di antaranya etalase, freezer, dan makanan frozen food.

2. Camilan/Kue 

Berjualan camilan/kue menjadi salah satu peluang bisnis di masa pandemi. Tak perlu modal besar, Anda bisa membangun bisnis camilan sendiri dengan dana yang relatif terjangkau. Banyak resep cemilan atau kue yang bisa ditemukan di internet tentunya dengan modal yang terjangkau, seperti “Banana Pancake” yang hanya membutuhkan pisang dan telur. Atau contoh lainnya “Salad buah” yang hanya membutuhkan bahan-bahan, seperti mayonaise, yogurt, susu kental manis, keju parut, serta buah-buahan sesuai selera. Selain itu, metode pemasaran bisnis cemilan/kue bisa dilakukan baik secara offline maupun online melalui media sosial.

3. Berjualan Online 

Jualan online masih bertahan meski dilanda pandemi Covid-19. Sebagian besar orang memilih berbelanja online karena lebih mudah dengan pilihan produk dan harga yang beragam. Untuk berjualan online, Anda bisa menjual berbagai barang, mulai dari baju, aksesoris handphone, kue, cemilan, spare part, dan masih banyak lagi. Selain itu, Anda juga bisa menjadi mitra dari beberapa marketplace yang telah tersebar. Berjualan online juga bisa dilakukan dengan menjadi dropship melibatkan pihak ketiga (dropshipper) sebagai perantara antara produsen (supplier) dan konsumen.

4. Hand Sanitizer dan Masker Kain 

Menjaga kebersihan menjadi hal yang mutlak untuk dilakukan di tengah pandemi. Menurut Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marinvest) dalam laman resmi covid19.co.id, masyarakat wajib mematuhi 3M dan 3T. Mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak serta tracing, testing, dan treatment. Wajib dilakukan demi menekan penyebaran virus Covid-19. Hal tersebut tentu membuka peluang baru yakni menjual masker kain dan hand sanitizer.

5. Emas Mini/Mini Gold 

Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan minat masyarakat Indonesia untuk membeli emas. Emas masih dianggap sebagai bentuk investasi jangka panjang yang paling aman. Emas mini dan emas batangan banyak diburu masyarakat sehingga produsen emas berlomba-lomba menambah pasokan. Untungnya saat ini sudah tersedia Mini Gold, (apa si ya buta banget mini gold literaturnya juga ngga banyak) coba kita dijabarin lagi yuk. 

Mini Gold sendiri adalah berasal dari emas batangan dengan kadar 24 karat yang diolah menjadi kepingan emas kecil-kecil mulai dari ukuran berat 0,005 gram hingga 0,5 gram. Mini Gold juga bersertifikat resmi seperti logam mulia lainnya yang telah diuji Lab. Untuk harga Mini Gold juga mengikuti harga emas dipasarkan, karena Mini Gold tersedia mulai dari ukuran berat 0,005 gram jadi Mini Gold banyak digandrungi kaum milenial sebagai salah satu opsi untuk berinvestasi yang sangat terjangkau. 

Dengan banyaknya peluang usaha di masa pandemi, diharapkan masyarakat tidak kehilangan harapannya untuk memulai atau membangun kembali bisnis dan usahanya dengan memanfaatkan peluang-peluang yang ada. Beberapa peluang usaha seperti usaha di bidang kuliner, berjualan online baik menjadi reseller/dropshiper atau bahkan membuat produk sendiri untuk dipasarkan melalui marketplace atau sosial media hingga penjualan mini gold dapat menjadi gambaran untuk memulai atau membangun kembali usaha selama masa pandemi. 

(Intan Indah Sofiyani/Mahasiswi MM Unsoed)

Dibaca 97 Kali Terakhir disunting pada Friday, 08 October 2021 08:24

INBISNIS dibangun dalam rangka mendukung dunia usaha dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan bangsa Indonesia dan seluruh warga dunia.

Ikuti Kami