wrapper

Breaking News

Monday, 04 Oct 2021

Strategi Operasi PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk Melalui Agen BRILink

Ditulis Oleh 
Rate this item
(3 votes)

--------------------

INBISNIS.ID, JAKARTA - OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang bekerja sama dengan Bank Indonesia mengeluarkan layanan laku pandai dan PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) menerbitkan Agen Brilink yang merupakan layanan transaksi keuangan tanpa kantor dan agen brilink merupakan perluasan channel dan layanan PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) Cabang Ajibarang dimana Bank PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) menjalin kerjasama dengan nasabah untuk menjadi agen yang dapat melayani transaksi perbankan bagi masyarakat secara real time online dengan konsep sharing fee. 

Total binaan agen brilink kantor cabang Ajibarang pada tahun 2021 sebanyak +- 600 total agen. Dan kinerja agen link binaan kantor cabangAjibarang untuk transaksinya lumayan tinggi dibandingkan dengan kantor cabang binaan kantor wilayah Yogyakarta yang lainnya. 

Laju produktivitas Agen BRILink milik PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus mencatat kenaikan di tengah pandemi Covid-19. Imbauan physical distancing oleh pemerintah ternyata membuat masyarakat memilih untuk bertransaksi perbankan melalui agen-agen BRILink yang berada di sekitar tempat tinggal mereka. 

Agen BRILink bisa menjadi solusi alternatif bagi masyarakat untuk menghindari kerumunan. Tak perlu antri ke kantor bank, masyarakat bisa bertransaksi dengan mendatangi agen BRILink di sekitar daerahnya. Sebagian agen BRILink juga memiliki usaha jualan, baik sembako atau barang kebutuhan lainnya, sehingga masyarakat bisa sekaligus berbelanja kebutuhannya.

Saat ini, agen BRILink bisa melayani berbagai transaksi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Transaksi yang dilayani diantaranya, transfer, tarik tunai, setoran pembayaran tagihan listrik PLN, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, Top Up BRIZZI, Gopay, OVO dan berbagai transaksi lainnya.

Selain itu, agen BRILink juga memberikan layanan referral pembukaan rekening tabungan dan referral pinjaman. Dan dari segi ekonomi kehadiran Agen BRILink di daerah memberi dampak positif karena mereka selama ini kerap terlibat melakukan pemberdayaan masyarakat, dan menambah pendapatan warga desa melalui peluang kerjasama. 

Selain itu, Agen BRILink banyak membawa manfaat terhadap peningkatan pemahaman dan penggunaan layanan keuangan formal (literasi) oleh masyarakat.

Penulis : Adi Candra Romadhona (Mahasiswa S2 Ilmu Manajemen Universitas Jenderal Soedirman)

(PTW/Redaksi)

Dibaca 101 Kali Terakhir disunting pada Monday, 04 October 2021 16:58

INBISNIS dibangun dalam rangka mendukung dunia usaha dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan bangsa Indonesia dan seluruh warga dunia.

Ikuti Kami