wrapper

Breaking News

Monday, 06 Dec 2021

Wakil Gubernur Sumbar Buka Acara Gebyar Sumbarsin dan Nagari Tageh di Padang Aro Solsel

Ditulis Oleh 
Rate this item
(2 votes)
Istimewa

--------------------

Penulis: Drs. Armansyah, M.Hum

INBISNIS.ID, SOLOK SELATAN - Bertempat di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Padang Aro Solok Selatan, Minggu 5 Desember 2021, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy meresmikan kegiatan Gebyar Sumatera Barat Sadar Vaksin (Gebyar Sumdarsin) dan Kegiatan Tim Nagari Tageh Unand. 

Kegiatan Gebyar Sumdarsin ini sengaja dipusatkan di RTH Padang Aro Solsel oleh Pemkab Solok Selatan karena termotivasi oleh hasil Vaksinasi Covid 19, sampai tanggal 3 Desember 2021, dari seluruh target warga Solsel, telah tervaksin sebanyak 60,2 %. Posisi ini sementara waktu menempatkan Kabupaten Solsel menjadi kabupaten ke-2 tertinggi yang warganya telah mendapatkan vaksin di Sumatera Barat. Pada acara ini Wagub Sumbar Audy Joinaldy didampingi oleh, Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan dan Dekan Fakultas Kedokteran Unand, mewakili Rektor Unand.

Kegiatan ini mendapatkan sambutan yang sangat tinggi oleh banyak masyarakat Solok Selatan. 

Karena pada setiap hari Minggu, di RTH Padang Aro dilakukan banyak kegiatan, seperti senam pagi massal, Vaksinasi massal dan pelayanan sistem kependudukan gratis dari Dinas Dukcapil Solok Selatan. Walaupun hujan hari minggu itu, turun cukup lebat, antusiasme masyarakat Solok 

Selatan tidak berkurang. Hal ini disebabkan oleh karena pada hari Minggu 5 Desember 2021 tersebut, sekaligus juga diresmikan Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Tim Nagari Tageh Universitas Andalas berupa penyerahan secara resmi 8.000 ekor anak ayam broiler (DOC) sebagai pengisi kandang-kandang ayam yang telah dibangun di delapan nagari percontohan di Solsel.

Kegiatan ini merupakan inisiasi dari Dr.dr. Andani Eka Putra, M.Sc., dengan Tim Nagari Tageh Unand dari Pusat Studi Komunitas Unand, bersama PT Supreme Energy Muara Labuh dengan dana CSR mereka sebanyak Rp.500.000.000,- Berlangsung juga sekaligus pada hari yang sama Kegiatan Nagari 

Tageh Unand dalam membangkitkan kembali ekonomi dan kesehatan masyarakat Solsel yang terpuruk pada masa Pandemi Covid 19 di Indonesia. Kegiatan ini berupa vaksinasi massal lebih kurang 2.200 orang masyarakat yang tersebar di sembilan nagari di Kabupaten Solsel, yang disponsori oleh PT Kimia Farma (Tbk) bersama PT PLN Indonesia. 

Bahkan diikuti pula oleh kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat oleh Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) Sumatera Barat, yang melakukan pelayanan pemeriksaan mata gratis, pemeriksaan katarak dan pemberian 400 buah, kacamata baca gratis di empat lokasi, RTH Padang Aro, tiga Nagari Tageh Nagari Padang Air Dingin, Nagari Sako Pasir Talang dan Nagari Pakan Rabaa Utara.

Setelah peresmian kegiatan di RTH Padang Aro, Rombongan Wakil Gubernur Sumbar, Pemkab Solok Selatan dan Tim Nagari Tageh dari Pusat Studi Komunitas Unand, melakukan peninjauan langsung ke lapangan di sembilan Nagari Tageh Solok Selatan yang menjadi nagari percontohan. Rombongan Wakil Gubernur Sumbar dan Tim Nagari Tageh Unand juga dijamu makan siang oleh Bupati Solok Selatan di kediamannya di Nagari Lubuk Gadang Kecamatan Sangir Solsel. 

Perlu ditambahkan juga, kegiatan ini juga di-backup oleh Tim Rumah Sakit Pendidikan Universitas Andalas dan Tim Semen Padang Hospital (SPH). Akhirnya kegiatan peresmian Gebyar Sumbarsin dan Tim Nagari Tageh dari Pusat Studi Komunitas Unand, berkat dukungan banyak pihak, berlangsung sukses dan berhasil.

(Penulis Merupakan Anggota Tim Nagari Tageh dan Dosen Jurusan Sejarah FIB Unand)

Dibaca 185 Kali

INBISNIS dibangun dalam rangka mendukung dunia usaha dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan bangsa Indonesia dan seluruh warga dunia.

Ikuti Kami