oleh

Kota Semarang Dapat Kuota 901 CJH, Kemenag: Siap Diberangkatkan

INBISNIS.ID, SEMARANG – Kementerian Agama Kota Semarang menyebut sebanyak 901 Calon Jamaah Haji (CJH) di Semarang bakal diberangkatkan ke tanah Suci.

“Kota Semarang untuk kuota ada sekitar 901 jamaah yang diberangkatkan,” ucap Kepala Kementerian Agama , Kota Semarang, Mukhlis Abdillah, Jumat (13/5)

Mukhlis menjelaskan dari jumlah keseluruhan merupakan calon jamaah haji yang sudah memenuhi persyaratan dan kriteria pemberangkatan.

Kriteria tersebut misalnya pada pelunasan pembayaran dan administrasi serta pengecekan kesehatan.

“Syarat sebelum diberangkatkan jamaah haji yang pertama tentu pelunasan terlebih dahulu, jadi saat pendaftaran haji itu baru setoran awal, kemudian saat dia dinyatakan layak dan lolos, berangkat Tahun ini, maka  berhak untuk melunasi sisa atau kekurangan biaya haji,” ucapnya

Begitupun selain syarat lain juga diberlakukan dengan adanya vaksinasi. Dengan vaksinasi katanya sebagai salah satu syarat supaya bisa mengurangi tertular nya virus Covid-19 yang saat ini masih menjangkit.

“Jadi kita juga ada vaksinasi sebelum pemberangkatan, yang kedua pengecekan bagi jamaah haji, untuk kesehatan secara menyeluruh, kemudian vaksinasi Covid-19 sampai booster,” ucapnya

Dengan pengecekan kesehatan bagi calon jamaah haji menurut nya sebagai langkah preventif Kemenag dalam melayani para CJH supaya bisa diberangkatkan ke tanah suci.

Pasalnya dengan badan yang sehat akan memudahkan calon haji untuk berangkat haji, begitupun sebaliknya jika memang badan kurang sehat, maka pihak kemenag akan melakukan karantina selama 1×24 jam dengan cara pelayanan dan pengecekan kesehatan agar memang betul dipastikan sehat.

“Dilakukan karantina selama 1×24 jam, karena perjalanan membutuhkan waktu yang tidak singkat,” ungkapnya

Terkait dengan kuota jamaah pada Tahun ini, pihaknya tidak bisa memastikan bahwa jumlah tersebut memang pada berjumlah yang disebutkan.

Ia berujar dari jumlah itu bisa saja bertambah sesuai adanya perintah dari atasan.

Selain itu untuk pendaftaran haji bisa dilakukan secara online maupun online, dan dibuka setiap hari.

Untuk calon jamaah haji yang diberangkatkan Tahun ini katanya, merupakan calon jamaah yang mendaftar haji pada Tahun 2012

“Jadi jamaah haji yang berangkat pada hari ini, itu pendaftaran nya kurang lebih di Tahun 2012, yang daftar 2012 berangkat nya Tahun ini,” ungkapnya

Lebih lanjut dirinya berpesan kepada jamaah calon haji yang berangkat pada Tahun ini untuk meluruskan niat dalam beribadah di Baitullah karena Allah Swt, kemudian tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, dan tetap menjaga protokol kesehatan (Prokes)

“Jangan lupa juga jaga pola hidup sehat, karena di Arab Saudi juga butuh pola hidup sehat. Disana bukan hanya beribadah yang bersifat batiniah, namun juga fisik juga menentukan agar bisa beraktivitas dengan baik, sehingga bisa beribadah secara optimal,” ujarnya.

(Redaksi)

Well, Silahkan tulis pendapatnya di kolom komentar ya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.