oleh

Bicara Tentang Rudi SM, Pater Marselinus Agot : Beliau Sosok yang Rendah Hati

-Exclusive-327 views

INBISNIS.ID, BALI – Pater Marselinus Agot SVD berdomisili di Labuan Bajo sejak 2005 dan dipercaya oleh pemerintah, masyarakat dan LSM untuk membantu menangani bidang kesehatan, lingkungan, pariwisata dan bidang-bidang lain namun semua dalam karya sosial karitatif.

“Yang paling banyak kami geluti pada bidang kesehatan, bekerja dalam satu badan yang namanya Badan Pertimbangan Kesehatan Daerah (BPKD) Kabupaten Manggarai Barat. Dalam badan ini Pak Rudi Sembiring sendiri juga sebagai salah satu pengurus dan kami semakin kenal Pak Rudi justru dalam karya bidang kesehatan, juga di bidang pariwisata,” jelas Pater Marsel, Jumat (19/1).

“Pak Rudi adalah seorang yang sangat supel, ia bisa bergaul dengan siapa saja dan kapan saja. Beliau tidak segan untuk bergaul dengan kalangan pemerintah, DPR, kalangan menengah juga ada akar rumput,” Lanjutnya.

Pater Marsel menyampaikan, Rudi Sembiring Meliala sangat mengenal para nelayan di Labuan Bajo, Ia berjuang memberi motivasi kepada mereka agar penghasilan mereka meningkat dari tahun ke tahun. Hasil tangkapan mereka dikumpulkan kemudian Ia berperan sebagai penghubung mencari pemasaran dari hasil-hasil karya para nelayan.

Pater Marsel melanjutkan, beliau juga dekat dengan para petani, sama seperti cara nelayan Ia juga membantu para petani. Labuan Bajo yang sebelumnya lebih banyak menggantungkan diri pada hasil pertanian dari luar kabupaten maka sekarang 40% bisa di support oleh para petani di Labuan Bajo sendiri untuk sayuran, buah-buahan dan lain-lain.

“Pak Rudi punya peran yang sangat vital, ia seorang yang kreatif, tidak terpaku pada karya tertentu dan mudah sekali tangkap peluang sehingga dari hari ke hari dari bulan ke bulan banyak usaha yang dibuat di sini. Selain kreatif dia juga seorang inovatif dia selalu berpikir bagaimana cara-cara baru untuk meningkatkan penghasilan baik dari dirinya sendiri maupun teman-teman yang bergaul dengannya,” ungkapnya.

“Pak Rudi ini memang seorang yang rendah hati, ia tidak hanya memberi sesuatu kepada orang tapi juga menerima masukan dari teman-teman lain yang mampu memperkaya wawasannya,” lanjutnya.

Ia melanjutkan, Rudi SM sebagai seorang traveler, bahkan sudah keliling dunia ke negara-negara besar dan di sana ia belajar banyak hal, lalu apa yang dipelajari ia coba praktekan di Labuan Bajo. Melalui perjalanan-perjalanan tersebut dia kenal berbagai orang kaya di negara-negara lain dan dia coba mendatangkan mereka di Labuan Bajo agar  mereka berinvestasi di daerah ini.


“Tentu karya-karya seperti ini sangat baik, berpengaruh pada peningkatan PAD untuk Kabupaten kemudian hasil atau pendapatan masyarakat juga meningkat dan mereka dapat lapangan pekerjaan baru lewat investor-investor yang didatangkan oleh Pak Rudi,” Ungkapnya.

Pater Marsel menyatakan, Rudi Sembiring Meliala seorang yang dermawan, ia tidak tutup mata untuk membantu teman-teman lain atau juga dalam karya-karya sosial.

“Pengalaman kami baru-baru ini, beliau membantu kita untuk membangun sebuah Rumah Tunggu dengan angka fantastis sehingga kematian dari orang-orang sekitar Puskesmas itu dapat ditekan bahkan dihilangkan,” ujar Pater Marsel.

Pater Marsel mengungkapkan, dari berbagai pengalaman yang sudah dipaparkan sebelumnya, bisa disimpulkan Rudi Sembiring Meliala cocok jadi pemimpin, apakah di tingkat kabupaten provinsi dan sebagainya karena memang modal utamanya ia bisa bersosialisasi dengan siapa saja, punya kapasitas, punya kemampuan untuk menghimpun orang juga punya kemampuan untuk memberi motivasi agar kehidupan orang berubah ke arah yang lebih positif.

“Dari Labuan Bajo saja Pak Rudi sudah bekerja sedemikian keras dan berjuang untuk banyak orang apalagi kalau dia berkarya di tanah kelahirannya di tanah asalnya,” Lanjutnya.

“Saya yakin ia akan berjuang sekuat tenaga sehingga masyarakat setempat di Kabupaten Karo bisa berubah ke arah yang lebih baik dari waktu ke waktu, saya cukup yakin itu berdasarkan pengalaman kira-kira 8 tahun di Labuan Bajo bersama beliau,” Tutupnya.

Tonton juga cerita menariknya melalui youtube channel Rudi Sembiring Meliala, Rudi Sembiring Meliala Calon Pemimpin yang Mampu Menyatukan dan Memotivasi || @karomejuahjuah2024.

(Redaksi)

Well, silahkan tulis pendapatnya di kolom komentar ya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *