oleh

Atasi Masalah Pemasaran, UMKM Harus Lakukan Transformasi Digital

INBISNIS.ID, DENPASAR – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan elemen penting dalam pertumbuhan ekonomi sebuah daerah. Untuk itu upaya-upaya untuk memfasilitasi UMKM agar dapat berkembang harus terus dihadirkan oleh pemerintah. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar, Dewa Made Agung, Rabu (22/06/2022).

Menurut Dewa Made Agung, salah satu masalah para pelaku UMKM adalah memperluas pemasaran produk. Untuk itulah, menurutnya, para pelaku UMKM harus melakukan transformasi digital dengan memanfaatkan marketplace-marketplace yang sudah ada sebagai medium pemasaran.

“Ya tentu hari ini permasalahan yang dihadapi para pelaku UMKM adalah susahnya pemasaran. Hal ini sebetulnya bisa diatasi ketika UMKM menjadi go-digital dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi seperti Gojek dan Tokopedia untuk pemasaran,” terang Dewa Made Agung

Dalam rangka transformasi digital UMKM ini, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar, sudah melakukan beberapa langkah untuk memfasilitasi para pelaku UMKM. Salah satunya adalah melakukan pendidikan dan pelatihan kepada para pelaku UMKM.

“Kami melakukan Diklat-diklat yang bisa membantu para UMKM untuk segera melakukan transformasi digital,” terang Dewa Made Agung

Selain itu, dinas Koperasi dan UMKM juga melakukan penguatan kualitas para pelaku UMKM. Hal ini dilakukan dengan pembuatan diklat-diklat seperti diklat keuangan, diklat manajemen usaha, dan diklat yang spesifik seperti diklat kuliner.

“Melalui diklat-diklat tersebut kami berharap para pelaku UMKM bisa meningkatkan kualitas diri dan usahanya,” ungkap Dewa Made Agung.

Diketahui, kurang lebih terdapat 32.000 UMKM yang tersebar di kota Denpasar. Mayoritas bergerak dibidang makanan dan minuman. Selain itu juga ada ritel modern, dan akomodasi.

Menurut Dewa Made Agung, beberapa UMKM di Denpasar bahkan sudah bisa melakukan ekspor keluar negeri. Dimana UMKM yang melakukan ekspor tersebut bergerak di bidang kerajinan dan produk spa.

“Beberapa UMKM kita sudah melakukan ekspor keluar negeri. Produknya itu berupa kerajinan dan produk-produk spa,” terang Dewa Made Agung.

Terakhir, ia pun berharap, agar UMKM segera bisa mandiri dan meningkatkan kualitas produknya. Selain itu juga bisa melakukan transformasi digital agar bisa memperluas jangkauan pasar.

(Redaksi)

Well, Silahkan tulis pendapatnya di kolom komentar ya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.