oleh

Sekar Tanjung Palasari, Desa Sanur Kauh Bangun Unit Sampah Berbasis 3 R

-Daerah-448 views

INBISNIS.ID, DENPASAR – TPS3R Sekar Tanjung Palasari, Desa Sanur Kauh, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Provinsi Bali, bangun tempat pengolahan sampah (TPS) berbasis pengolahan 3R, yang ujung tombaknya pemilahan di sumber.

Sampah berbasis 3R yang dimaksud, adalah sampah Organik, sampah Daur ulang, dan sampah Residu. Sampah Organik, adalah sampah yang berjenis daun yang bisa diolah menjadi pupuk kompos, sementara sampah daur ulang, adalah sampah jenis plastik, sementara Residu adalah sampah berjenis baterai dan tidak dapat tergarap.

Sejauh ini tempat pengolahan sampah berbasis 3R ini sudah berjalan 4 tahun, dan selama ini masyarakat juga sangat membantu dari segi kebutuhan. Hal ini diungkapkan, I Putu Sila Dharma selaku Kepala pengolahan sampah berbasis 3R, Desa Sanur Kauh, Sabtu, (13/11/2021).

“Sampah Organik bisa jadi kompos, dan sampah Daur ulang bisa dipilah jadi bersih dan Sampah Residu sampah yang tidak bisa diolah,” ujarnya.

Diakui, tempat pengolahan sampah berbasis 3R ini murni milik Desa Sanur Kauh, dan sejauh ini Dinas Lingkungan Hidup Kota Denpasar juga sudah mensuport 2 buah kontainer sampah.

“Ya inikan milik Desa di sini, dan dari DLHK kota Denpasar sendiri sudah menyumbang 2 buah container,” ungkapnya.

Dikatakan, TPS3R Tanjung Sari, Desa Sanur Kauh juga diakui sangat bagus karena tidak mengandung bau busuk yang dapat mengganggu ketenangan warga sekitar. karena itu, TPS berbasis 3R ini angkut sampah dilakukan secara konsisten.

“Untuk menghindari keluhan dari masyarakat setempat. Ya, kita kan pake standar operasional. Jadi, ndak pernah keluhan si. Kita angkat sampah secara konsisten, angkat sampah tidak boleh lebih dari dua hari,” tutupnya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *