oleh

Kain Tenun NTT, Jadi Favorit Wisatawan di Labuan Bajo

INBISNIS.ID, LABUAN BAJO – Pengusaha kain tenun mulai banyak merambah dilabuan bajo. Salah satunya adalah pemilik toko komodo 99, Viktor Endi pengusaha kain tenun yang bercorak dan berciri khaskan Nusa Tenggara Timur (NTT) yang terletak dipasar Batu Cermin, Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat.

Viktor mengatakan, kain tenun yang dijualnya merupakan motif pilihan dan ciri khas budaya NTT mulai dari Sumba, Timor, Ende dan khususnya manggarai.

“Kain tenun yang saya jual Ini merupakan kolaborasi dari beberapa daerah di NTT mulia dari Sumba, Timor, Ende dan khususnya Manggarai, jadi kami berusaha supaya teman-teman yang memproduksi kain tenun hasil karyanya bisa ditampilkan disini” tutur Viktor Kepada INBISNIS.ID, Selasa (15 /3).

Sementara itu viktor mengatakan kain tenun yang dijualnya bukan hanya dibeli oleh orang manggarai saja tetapi sudah banyak diminati oleh para wisatawan dari luar yang datang berlibur dan berkunjung ke Labuan Bajo

“Banyak juga wisatawan terutama yang dari jawa, Sumatra, mereka pada datang kesini untuk mencari oleh-oleh kalau mereka sudah pulang dari liburan,” ungkapnya.

Pedagang lain, Stefanus Ehok yang jualan dipinggir jalan di Kampung Ujung, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat mengatakan, kain tenun yang mereka jual juga banyak dibeli oleh wisatan asing dan juga wisatawan dalam negeri terutama pada saat acara kunjungan seperti kunjungan Wakil Presiden di Labuan Bajo dalam beberapa hari ini.

“Kalau tidak ada tamu yang datang ke Labuan bajo, tingkat penjualan kami tidak begitu lancar. Kalau seperti acara-acara kemarin dan hari ini seperti kedatangan Wakil Presiden di Labuan Bajo pendapatan kami lumayan ada” beber Stefanus kepada INBISNIS.ID, Selasa (15/3/2022).

Stefanus juga menambahkan, selama pandemi tingkat penjualan kain tenun miliknya tidak memiliki pendapatan.

“Selama corona tingkat penjualan kain tenun kami disini tidak ada pendapatan tetapi setelah diberikan kebebasan lagi, lumayan kami bisa mendapat 100 ribu dalam sehari,” tutupnya.

(Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *