oleh

Ajely, Spot Wisata Tersembunyi di Raja Ampat

INBISNIS.ID, RAJA AMPAT – Papua dengan kekayaan alamnya tidak perlu diragukan lagi, banyak sekali wisata alam yang dapat kita jumpai di sana. Kawasan yang sudah sangat terkenal diantaranya adalah Piaynemo, Telaga Bintang, Wayag, Manta Point Misool, Puncak Harfat.

Selain itu masih banyak lagi surga tersembunyi yang belum diexplore, salah satunya ada kawasan yang ditemukan sekitar akhir tahun 2020 lalu oleh Saiful dari desa Lapintol. Ada sebuah tempat pemandian yang dalam bahasa lokal disebut pemandian Ajely, yang dalam bahasa setempat diartikan sebagai,”kita kesana lewat pinggiran ada air minum”.

“Waktu itu tidak sengaja, pada saat sedang mancing terus capek dan haus jadi cari air, ternyata ketemu tempat ini. Beberapa hari kemudian kembali ke sini lagi dan setelah kita cek ternyata dibagian atasnya sangat alami dan bagus,” ujar Saiful, Minggu (13/3).

Jika menggunakan loangboat maka perjalanan dari Desa Lapintol menuju pemandian Ajely ini membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit.

Pemandian ini memiliki air yang sangat jernih dan sangat dingin, orang kampung meyakini bahwa tempat pemadian ini ada penunggu seorang putri yang sangat cantik. Bebatuan yang nampak seperti lantai dapat dijumpai jalan setapak yang licin dan berlumut, dihimpit oleh dinding-dinding alam yang sangat indah dan menakjubkan.

Kurang lebih tinggi dinding lorongnya kira-kira 75 sampai 100 meter dan pada bulan Desember jika musim kemarau bias-bias atau pantulan matahari yang masuk lewat celah-celah dinding lorong yang membias indah seperti pelangi. Dari pantulan matahari itu kemudian permukaan air dan dinding lorong berubah menjadi warna hijau nan indah dan menakjubkan.

“Harapan kami agar Pemerintah dapat membantu mempromosikan tempat pemandian Ajely ini sebagai tempat wisata baru yang dikunjungi sehingga bisa menambah penghasilan bagi kami warga Desa Lipintol,” tutup Saiful.

Penulis : Wahab Salim (Pecinta Alam, Blogger)
(Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *