oleh

SMK Sadar Wisata Ruteng, Wajib Ikut Pelatihan Dasar Jurnalistik INBISNIS

-Daerah-880 views

Siswa SMK Sadar Wisata Ruteng ikut Pelatihan dasar jurnalis yang diselenggarakan INBISNIS. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa agar mampu membuat tulisan tentang objek – objek wisata berdasarkan kaidah jurnalistik.

Diketahui, sejumlah 9 orang siswa SMK Sadar Wisata itu mengikuti pelatihan jurnalistik yang di pimpin langsung oleh Rudi Sembiring Meliala sebagai Pimpinan INBISNIS sekaligus Direktur PT. Flores Today Indonesia pada Kamis, (10/3).

Dalam kesempatan itu, Rudi Sembiring Meliala mengatakan selain bertujuan PKL di PT. Flores Today Indonesia, dari 9 orang siswa tersebut wajib mengikuti pelatihan jurnalis untuk menambah kemampuan dalam bidang jurnalistik untuk bisa mempromosikan wisata yang ada, dalam bentuk penulisan dengan kaidah jurnalis yang sebenarnya.

“Mereka ini ada 9 orang yang dipercayakan untuk magang di PT. Flores Today Indonesia dari sekolah SMK Sadar Wisata Ruteng, karena PT. Flores Today Indonesia satu group usaha dengan INBISNIS yang saya pimpin, dan INBISNIS juga sudah ada di Labuan Bajo. Maka dalam hal saya juga mencoba menanggapi serius tentang cita-cita mereka ingin mendalami bidang pariwisata atau mungkin ingin bekerja di bidang pariwisata gitu ya, sesuai dengan sekolah dan jurusan mereka. Maka menurut saya mereka harus juga memiliki kemampuan tentang bagaimana menuliskan dinamika yang mereka hadapi mulai saat ini, sampai kedepan khususnya di bidang berhubungan dengan pariwisata agar bisa terkomunikasikan dengan baik dan benar memenuhi standar jurnalistik yang ada.” Ujarnya

Rudi Sembiring Meliala menungkapkan bahwa dirinya, mendukung penuh kepada siswa yang mengikuti magang di perusahannya supaya memahami penulisan berita dengan kaidah jurnalistik yang sebenarnya.

“Contoh misalnya mereka sekarang ada di Labuan Bajo disebuah kota pariwisata yang sedang dibangun secara serius. Nah, saya merasa sangat penting mereka bisa menuliskan dalam bentuk tulisan. Apakah di media sosial mereka sendiri atau di sebuah media yang resmi seperti www.inbisnis.id secara baik dan benar sesuai dengan kaidah jurnalistik”, harapnya.

“ini merupakan sesuatu peluang bagi mereka untuk bisa mengekspresikan gitu ya, menunjukkan apa yang ada dihati dan pikiran mereka di dalam diri mereka, dan juga potensi yang mereka miliki. Sehingga entah nanti jadi apapun mereka atau misalnya katakan jadi pekerja atau jadi pegawai atau mungkin jadi petani sekalipun gitu ya, nah ilmu ini penting agar dia bisa mengkomunikasikan dinamika yang ada disekitar kehidupannya dan mudah-mudahan ini menjadi nilai plus dibandingkan tempat-tempat magang yang lain yang ada di Labuan Bajo ini.

Rudi Sembiring Meliala berharap dengan adanya kegiatan pelatihan jurnalis tersebut agar mereka bisa menuliskan berita terlebih khusus di bidang pariwisata karena sesuai dengan bidang sekolah yang mereka tempuh saat ini.

“Harapan saya, setelah mengikuti pelatihan ini mereka bisa mulai belajar berpraktek untuk meliput dan menulis khususnya segala sesuatu yang berhubungan dengan pariwisata di Labuan Bajo dan nanti ditempat mereka di Ruteng nah itu harapan saya dan saya buka kesempatan bagi mereka ntuk bisa magang atau bekerja di INBISNIS sebagai Jurnalis”. Tutupnya

(Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *