oleh

Cabai Terpantau Turun, Harga Bawang Merangkak Naik

INBISNIS.ID, DENPASAR – Komoditas cabai disejumlah gerai dagang di pasar Badung, Denpasar, terpantau mengalami penurunan harga. Pada sisi lain, harga komoditas bawang merah dan putih malah mengalami kenaikan.

Salah seorang pedagang di Pasar Badung, Denpasar, I Nyoman Wandri, mengatakan, harga cabai telah mengalami penurun secara bertahap sejak beberapa hari terakhir. Diketahui, berdasarkan keterangan, Nyoman Wandri, harga cabai menyentuh Rp.50.000/Kg dari sebelumnya Rp.60.000-70.000/Kg.

Hal senada juga disampaikan, Pedagang pasar Badung lainya, Ketut Trisna, mengungkapkan, bahwa harga cabai saat ini sekitar Rp.50.000/Kg. “Sekarang harga cabai sudah turun, saya jual Rp.50.000/kg, kalau dulu harga sampai Rp.60.000/Kg,” terang Ketut Trisna saat ditemui di gerai warung miliknya di pasar Badung, Kamis (10/03/2022).

Sementara harga cabai mengalami penurunan, harga komoditas bawang merah dan putih justru mengalami kenaikan. Hal ini diungkapkan oleh I Wayan Sunastri, salah satu pedagang yang menjajakan bawang, mengatakan, harga bawang merah Rp.38.000/kg, sementara untuk bawang putih Rp. 25.000/Kg.

Menurut I Wayan Sunastri, dengan harga demikian, bawang merah dan putih mengalami kenaikan dari sebelumnya bawang merah Rp.25.000/Kg dan bawang putih Rp.20.000/Kg.

“Naikanya harga bawang ini dimulai sebelum Nyepi dan masih bertahan sampai hari ini. mudah-mudahan besok bisa turun karena tergantung datang banyak dikitnya barang, kalau banyak bisa murah, kalau sedikit pasti mahal,” terang I Wayan Sunastri.

I Wayan Sunastri, juga menambahkan, dengan harga tersebut, dirinya mengaku tidak terjadi penambahan atau pengurangan konsumen. “Kan sekarang tergantung kemampuan pembeli kalau dia kemampuanya beli 1 kg atau ½ kg, untuk penjualan masih stabil, karena kan tergantung pembeli,” terang I Wayan Sunastri

Kondisi serupa juga diungkapkan, I Nyoman Wandri, harga bawang merah menyentuh 35.000/Kg, sementara bawang putih menyentuh Rp.25.000/Kg.

Sementara itu, Kepala Pasar Badung, I Gusti Made Estuasa, saat dihubungi melalui telepon, mengungkapkan, kenaikan harga pada komoditas bawang merah dan putih diakibatkan oleh faktor terhambatnya pengiriman dari luar daerah dan efek hari raya.

(Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *