oleh

Mendagri Tito Karnavian, Buka Pawai PKB 2022    

INBISNIS. ID, BALI – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, secara resmi melepas Pawai Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-44 tahun 2022 pada Minggu, 12 Juni 2022.

Pelepasan peserta pawai dalam upacara resmi ini adalah tanda dimulainya PKB ke-44 yang dilaksanakan di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandhi, Niti Mandala, Renon Denpasar.

Sementara malam harinya dilanjutkan dengan pembukaan Pesta Kesenian Bali ke-44 tahun 2022 bertempat di di Panggung Terbuka Ardha Candra, Art Center Denpasar pada pukul 19.00 WITA.

Pelepasan Pawai Pesta Kesenian Bali ke-44 tahun 2022 ditandai dengan pemukulan Gong oleh Mendagri Tito Karnavian kemudian dilanjutkan dengan pementasan Gambuh Agung, sebuah ciptaan barungan baru yang bertitik mula dari pemuliaan Gambuh yang menghadirkan 88 buah instrumen gamelan dengan melibatkan 99 penabuh dan penari rerejangan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.

Gambuh Agung meramu padu ragam melodis asta swara bisah dari seruling gambuh, bonang, genggong, kendang krumpung, bumbung gebyog, krepyak, mandolin dan okokan.

Adapun asta swara bisah adalah delapan gema suara kekal, inti bunyi semesta; bisah menunjuk sandang aksara (Bali): alun pelafalan ‘h’. Setaut pemuliaan gambuh sebagai drama musikal klasik yang bergema ke seantero dunia. Maka ansamble ciptaan baru ini mengedepankan instrumen bermatra mengalun melodis dengan seruling gambuh sebagai guru swara.

Gubernur Bali, Wayan Koster dalam sambutannya menyampaikan rasa bahagianya karena Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian berkenan hadir langsung melepas Peed Aya (Pawai) Pesta Kesenian Bali.

Penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali ke-44 tahun 2022 sejalan dengan Visi dan Misi Pemerintah Provinsi Bali Nangun Sat Kerthi Loka Bali menuju Bali Era Baru.

Sementara itu, Mendagri Tito Karnavian dalam sambutannya menyampaikan, meskipun berhalangan hadir, Presiden Jokowi sangat mengapresiasi penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali ke-44 tahun 2022.

Penyelenggaraan PKB kali ini dapat terselenggara berkat kerja keras Pemerintah Provinsi Bali dalam penanganan dan pengendalian Covid-19 di seluruh wilayah di Bali.

“Saya juga sampaikan masyarakat Bali masih disiplin dalam penggunaan masker hingga saat ini,” kata Kemendagri Tito Karnavian.

Pesta Kesenian Bali 2022 mengambil tema “Danu Kerthi – Huluning Amreta,” Memuliakan Air Sumber Kehidupan” dan akan berlangsung selama 1 bulan penuh mulai Minggu, 12 Juni ditutup pada Minggu, 10 Juli 2022 di Art Centre Denpasar.

Tahun ini melibatkan 16.150 seniman dan 200 sanggar, sekaa dan komunitas seni. Materi pokok adalah Peed Aya (Pawai), Rekasadana (Pergelaran), Utsawa (Parade), Wimbakara (Lomba), Kandarupa (Pameran), Kriyaloka (Lokakarya), Widyatula (Sarasehan) dan Adi Sewaka Nugraha (Penghargaan Pengabdi Seni).

(Redaksi)

Well, Silahkan tulis pendapatnya di kolom komentar ya.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *