oleh

Hari Kartini, Perempuan Berjasa dan Berprestasi Mendapat Penghargaan

-Daerah-470 views

INBISNIS.ID, MALUT – Puncak peringatan Hari Kartini ke-144 dilaksanakan hari ini, Kamis (21/4) bertempat di Royal Resto Kalumpang yang dihadiri  Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara (Sekprov), Drs.Syamsudin A. Kadir mewakili Gubernur.

Pada peringatan Hari Kartini ini diberikan penghargaan kepada berapa perempuan yang berjasa dan berprestasi di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, sosial budaya dan pertanian di wilayah Maluku Utara yang langsung di serahkan Sekprov Malut.

Turut hadir dalam kegitan tadi, Bupati Kepulauan Sula, WalikotaTidore Kepulauan, Wakil Bupati Halsel, Sekda Halteng, Kepala OPD Setda Malut, Ketua-ketua Organisasi Perempuan Provinsi Maluku Utara, penerima penghargaan perempuan berjasa dan berprestasi Se-Kabupaten dan Kota, serta tamu undangan.

Dalam sambutan Sekprov mengatakan jumlah perempuan yang mengisi hampir setengah dari populasi indonesia dan kemajuan perempuan tentunya akan menjadi kemajuan bangsa sehingga perjuangan menjadi kewajiban semua pihak, maka kita semua, baik perempuan maupun laki-laki harus mendorong peran perempuan dalam segala bentuk dan sektor pembangunan.

Dikatakan pula, telah banyak kemajuan yang dirasakan oleh pemerintah, namun kesetaraan ideal yang kita cita-citakan belum sepenuhya tercapai. Budaya partriaki yang telah mengakar selama berabad-abad masih tersisa dalam kehidupan bermasyarakat. Ditengah terpaan apapun, perempuan Indonesia merupakan srikandi-srikandi kuat yang melampaui berbagai tantangan. Begitu pula dimasa yang sulit ini, perempuan-perempuan Indonesia harus turut hadir digarda terdepan.

“Di tengah perjuangan menuju pemberdayaan perempuan yang membawa beragam tantangan, rintangan dan hambatan, ada suatu hal yang tidak dapat berubah, yakni perempuan Indonesia tetaplah tangguh, menjadi sosok ibu bangsa,”jelas Syamsudin.

Syamsudin juga berharap, melalui peringatan hari kartini ke -144 tahun 2022 ini merupakan sebuah pengingat bahwa perjuangan masih panjang dan harus terus dilanjutkan.

“Saya berharap kita dapat merayakan berbagai kemajuan yang berhasil diraih oleh perempuan, sekaligus mengingat bahwa perjuangan masih
panjang dan harus terus dilanjutkan,” tuturnya.

Diakhir sambutannya Syamsudin menyampaikan ucapan selamat kepada para penerima penghargaan perempuan berjasa dan berprestasi dari kabupaten dan kota dalam bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, sosial budaya dan pertanian.

“Terimah kasih kepada organisasi aksi solidaritas era kabinet Indonesia maju bersama Dirjen Otonomi Daerah (OTDA) Kemendagri yang telah menginsiasi pemberian pengahargaan ini menjadi motivasi dan semangat bagi para perempuan yang ada di Maluku Utara,” ujarnya.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan penghargaan kepada perempuan hebat dan tangguh yang dilaksanakan oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM) bersama Kemendagri, dalam rangka perayaan hari Kartini Ke-144 Tahun 2022 di Maluku Utara.

Daftar nama perempuan berjasa dan berprestasi yang diberikan penghargaan, Rins Surat, S.Pd (Bid Pendidikan) Asal Kabupaten Halmahera Barat, Asnat Lob Lobly ( Bid. Kesehatan) Asal Kabupaten Halmahera Tengah, Elizabeth Ruru (Bid. Sosial Budaya) Asal Kabupaten Halmahera Utara, Maimuna Mahmud (Bid. Lingkungan Hidup) Asal Kabupaten Halmahra Selatan, Juwina Upara (Bid. Pertanian) Asal Kabupaten Kepulauan Sula, Lilian Sidobo (Bid Pendidikan) Halmahera Timur, Lelani Dalawer (Bidang Kesehatan) Asal Pulau Morotai, Hamsin Djiko (Bid. Sosial Budaya) Asal Pulau Taliabu, Amina (Bid.Likungan Hidup) Kota Ternate, Hatija Yahya (Bid. Pertanian) Asal Tidore Kepulauan.

(Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *