oleh

Dinas Sosial Mabar Luncurkan Program Rehabilitasi Sosial Membantu ODGJ

-Daerah-937 views

INBISNIS.ID, LABUAN BAJO – Dinas Sosial Kabupaten Manggarai Barat meluncurkan program rehabilitasi sosial untuk membantu Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Sekretaris Dinas Sosial Alvin Latubatara mengatakan Dinas Sosial telah menjalankan satu program baru yaitu program rehabilitasi sosial yang melibatkan beberapa instansi dinas lain di Kabupaten Manggarai Barat.

“Kami punya program namanya program rehabilitasi sosial yang membantu masyarakat kita terutama yang mengalami gangguan jiwa (ODGJ), program ini melibatkan semua bidang dan sektor-sektor yang lain,” ungkap Alvin kepada INBISNIS.ID, Selasa (5/4/2022).

Alvin mengungkapkan keterlibatan instansi dinas lain dalam program rehabilitasi sosial sebagai bentuk keterpaduan untuk membantu masyarakat ODGJ dalam memenuhi kebutuhan pangan, sandang, kesehatan dan bantuan-bantuan lainnya.

“Jadi kita buat keterpaduan untuk bisa membantu Masyarakat yang mengalami gangguan kejiwaan, jadi kita cek semua data-datanya kemudian kita bantu pangannya, sandangnya, kemudian kesehatan dan bantuan-bantuan dasar yang lainnya seperti bantuan spon tidur dan beberapa bantuan lainnya,” jelasnya.

Alvin mengatakan untuk data jumlah ODGJ yang telah mereka data yaitu 465 orang dan dari 465 orang tersebut terdapat 60 orang dipasung yang akan terus mereka pantau perkembangannya melalui tim koordinasi yang beranggotan lintas instansi.Sementara itu Alvin berharap agar masyarakat, yang salah satu anggota keluarganya mengalami gangguan jiwa, agar dapat diberitahukan ke Dinas Sosial untuk mendapatkan bantuan berupa penanganan dari tim koordinasi lintas instansi

“Kita berharap masyarakat, kalau ada keluarga yang dipasung kita laporkan ke dinas jangan malu, karena yang dipasung juga memiliki hak yang mana harus dilayani juga,” tutupnya.

(Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *