oleh

Mengupas Keindahan Pulau Lajukang yang Eksotik

INBISNIS.ID, GOWA – Pulau lajukang terletak pada sisi paling luar dari gugusan kepulauan yang ada di sulawesi selatan.

Kota makassar sebagai pintu gerbang Kawasan Indonesia Timur, terkenal akan keindahan gugusan pulau-pulaunya. Kota yang berpenduduk ramah dan bersahaja ini memiliki potensi wisata bahari yang sangat indah dan salah satunya adalah Pulau Lajukang.

Pulau Lajukang merupakan pulau yang berada pada sisi terjauh Kepulauan makassar, yang dikelilingi kurang lebih 70-an pulau yang tersebar mulai dari Kabupaten Takalar di selatan hingga kabupaten Majene sebelah barat.

Karena letaknya berada paling luar, sehingga pulau ini belum tersentuh dan dilengkapi dengan mercusuar peninggalan bangsa Belanda.Pulau Lajukang sendiri berjarak kurang lebih 55 Km dari Kota Makassar.

Transportasi menuju Pulau Lajukang adalah dengan kapal kayu tradisional bermotor yg menyerupai bentuk perahu phinisi , titik star pemberangkatan dari Pelabuhan Paotere,Akomodasi sewa kapal kayu tradisional dikisaran harga Rp 800 ribu hingga 1.5 Juta rupiah dengan kapasitas maximal 25 Orang.

Perjalanan ke Pulau Lajukang membutuhkan waktu kurang lebih 3 sampai 4 jam. Cukup lama memang, namun anda bisa bersantai di dalam kapal kayu sambil menikmati panorama laut dan gugusan pulau yang indah.

seperti pulau kayangan, pulau lae-lae Pulau Samalona, Pulau Kodingareng, Pulau Barrang Lompo dan lain-lain. Selain itu apabila anda beruntung dapat berjumpa dengan kawanan ikan lumba-lumba yg hidup bebas di perairan laut makassar.

Setibanya di Pulau Lajukan kita akan terpesona dengan keindahan pantai pasir putih dan pepohonan yang rindang. Air laut yang bening dan keramahan penduduk membuat liburan semakin menyenangkan.

Jumlah penduduk yang mendiami Pulau Lajukang berjumlah 12 Kepala Keluarga dan kebanyakan berprofesi sebagai nelayan.

Disini terdapat juga sebuah Masjid kecil yang digunakan untuk tempat ibadah.

penduduk Pulau Lanjukang sangatlah ramah terhadap wisatawan yang berkunjung di Pulau ini. Mereka biasa membantu wisatawan memasak nasi atau sekedar membuatkan minuman hangat bagi wisatawan yang berkunjung atau anda juga dapat menikmati buah kelapa segar yang ditawarkan oleh penduduk setempat.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Pulau ini, sebaiknya membawa bahan makanan dan minuman seperti beras, air mineral atau sembako lainnya.

Sepanjang mata memandang, Pulau lanjukang menawarkan keindahan berupa pasir putih dan air laut yang berwarna biru terang dan gelap. Pohon Kelapa yang berada di pinggir pantai semakin menambah keindahan pulau ini. Anda Pun dapat berwisata naik perahu kecil mengelilingi pinggiran pulau sambil memancing ikan dan cumi di temani oleh penduduk setempat dan tentunya dengan hasil yang melimpah.

Selain itu kita juga dapat memandang pulau ini dari atas mercusuar yang terdapat di sisi Pulau. Anda pun bisa berenang dan bersnorkling sambil menikmati keindahan bawah laut Pulau Lajukang yang belum tersentuh.

(Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *