oleh

Mengenal Carep, Siap Jadi Destinasi Wisata Baru di Langke Rembong

INBISNIS.ID, RUTENG – Gendang carep merupakan rumah adat Carep yang terletak di kampung Carep, Kelurahan Compang Carep, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Gendang Carep yang dulunya disebut Racang yang dalam bahasa Manggarai lainnya disebut watu dali atau watu racang (batu pengasah).

Sedangkan Carep memiliki arti sebagai rani (pandai berkelahi), harat (amat tajam), mberes (kuat bertarung). Dengan demikian Carep berarti mempertajam hubungan kekerabatan baik dengan sesama maupun dengan orang lain.

Gendang juga memiliki tujuh gendang titisan. Pada masa kerajaan di Manggarai dulu, Carep dikenal sebagai Gelarang yang sekarang disebut kecamatan. Pada tahun 2014 Disparbud Manggarai, Kemendikbud meluncurkan revitalisasi pada rumah adat gendang Carep.

“Setelah renovasi rumah ini banyak dikunjungi oleh orang-orang dari luar Manggarai, namun selama pandemi hanya beberapa orang saja yang datang untuk berkunjung ke sini salah satunya mahasiswa Unika Santo Paulus Ruteng Saat melakukan kegiatan prakteknya,” tutur Stefanus Dampung yang merupakan ketua adat Gendang Carep saat diwawancarai INBISNIS (11/10/2021).

Melihat keindahan yang dimiliki oleh gendang Carep ketika masyarakat sanggup untuk melestarikannya lagi, tentunya sangat membangun niat para Wisatawan untuk mengunjungi tempat ini.

(Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *