oleh

Ruteng Puu, Kampung tradisional sebagai tempat wisata di Manggarai

-Daerah, Wisata-1,184 views

INBISNIS.ID, RUTENG – Ruteng Pu’u merupakan kampung adat tertua di Flores. Kampung ini terletak di Kampung Ruteng, Kelurahan Golo Dukal, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai.

Jarak kampung Ruteng Pu’u ini dari pusat kota Ruteng sekitar tiga kilometer.

Di tengah halaman kampung tua ini memiliki altar yang tersusun dari batu. Dengan halaman yang luas dan bundarĀ  di tengah kampung ini terdapat kuburan leluhur yang merupakan penjaga kampung dengan berdiri kokohnya sebuah pohon yang berada disamping kuburan tua di tengah kampung tersebut.

Kampung ini merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Manggarai. Memiliki rumah dengan atapnya dari ijuk, kampung ini menjadikan tujuan wisatawan asing dan lokal untuk melihat keunikannya. Kampung ini didiami oleh suku asli manggarai.

Di kampung ini juga menyimpan berbagai perlengkapan adat, seperti alat musik tradisional Manggarai yaitu gong gendang juga tersimpan perlengkapan alat tarian tradisional seperti larik, nggiling, dan masih banyak lagi.

Hingga saat ini masih banyak kunjungan wisatawan yang berkunjung ke tempat ini, walaupun para wisatawan lokal. Namun dengan keindahan alamnya Ruteng Pu’u menjadikan kampung tradisional tertua yang ada di Flores.

(Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *