oleh

12 Pejabat Administrator dan Pengawas dilantik bersama 68 Kepsek SD oleh Sekda Kota Ternate

-Daerah-297 views

INBISNIS.ID, TERNATE – Wali Kota Ternate, yang diwakili Sekretaris Daerah, Jusuf Sunya, melantik 80 pejabat Administrator, Pengawas, Kepala Sekolah (kepsek) dan Kepala UPTD Sekolah Dasar (SD), di lingkup Pemerintah Kota Ternate, pada Jumat, (18/2). sekitar pukul 16.00 WIT di aula Kantor Wali Kota Ternate.

Pelantikan berdasarkan Keputusan Wali Kota Ternate Nomor 821.2/KEP/741/2022 tentang Pengangkatan Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas di Lingkup Pemkot, dengan rincian pejabat administrator dan pengawas sebanyak 12 orang, kemudian Kepsek sebanyak 68 orang.

Dalam sambutan Wali Kota yang dibacakan Sekda Kota Ternate, Jusuf Sunya, bahwa dasar pelantikan para Kepala Sekolah dilakukan bagi para Kepsek berdasarkan Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Permendikbud Ristek), Nomor 40 Tahun 2021, tentang penugasan guru sebagai Kepala Sekolah.

Selanjutkan dikatakan Jusuf bahwa Permendikbud dan Ristek Nomor 40 Tahun 2021 tentang penugasan guru sebagai Kepala Sekolah menyatakan bahwa Beban kerja Kepala Sekolah untuk melaksanakan tugas pokok manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi kepada Guru dan tenaga kependidikan.

“Guru yang diberikan penugasan sebagai Kepsek, harus memenuhi persyaratan sesuai dengan Pasal 2 pada Permendikbud Ristek tersebut,” jelas Jusuf.

Lebih jauh dikatakan Jusuf, bahwa pendidikan merupakan kunci keberhasilan masa depan anak bangsa, bukan saja dari segi iptek, tapi lebih penting adalah imtek guna membentuk akhlak dan karakter. Ia juga mengingatkan bahwa pekembangan teknologi informasi saat ini, diperlukan perhatian khusus terutama kepada Anak-anak didik agar memanfaatkan teknologi informasi dengan benar. Selain itu, juga harus mampu mengembangkan kompetensi para guru, agar mereka dapat memanfaatkan berbagai media dan menggunakan metode guna menggairahkan semangat belajar peserta didik.

Sedangkan untuk para pejabat administrator dan pejabat pengawas, Sekot mengingatkan bahwa pelantikan ini sama dengan pelantikan-pelantikan sebelumnya, sebagai evaluasi dari kinerja selama ini.

Bahkan, sambung dia, pelantikan ini juga dimaksudkan sebagai penyegaran organisasi secara keseluruhan dan juga untuk pengembangan karier seorang PNS.

“Mutasi, pelantikan dan pengambilan sumpah yang dilakukan pada sore hari ini, merupakan sesuatu yang wajar dari sebuah dinamika kehidupan organisasi semua ini bertujuan Meski begitu, lanjut dia, mutasi, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan merupakan suatu kewajaran dari sebuah dinamika kehidupan organisasi, guna pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan,”papar Jusuf menyampaikan sambutan Wali Kota.

Dikatakannya, dampak Pendemi covid-19 masih terasa, sehingga memunculkan berbagai tantangan baru, tak terduga dengan ekspektasi masyarakat yang sangat tinggi, sehingga Jusuf berharap bahwa ASN Kota Ternate terus mengembangkan cara kerja baru yang efisien, memperkokoh sikap melayani yang cepat dan efektif, serta memberikan solusi yang tepat.

“Saya menekankan kepada seluruh pejabat ASN baik yang dilantik pada hari ini, maupun yang hadir, agar selalu menunjukkan dedikasi, loyalitas dan kinerja yang tinggi, sehingga kita sama-sama mampu membangun Kota Ternate, Kota Andalan menuju ke arah mandiri berkeadilan”, pungkas Sekda Kota Ternate.

( Anto Hoda / FF )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.